Penghargaan yang diterima di Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini karena Disbun Kaltim menunjukkan komitmen dalam pelayanan publik bidang pertanian, terutama di sub perkebunan
Samarinda (ANTARA) - Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2023 dari Kementerian Pertanian (Kementan) di momentum bersejarah, yakni dalam Peringatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI yang digelar Kementan di Jakarta.

"Penghargaan yang diterima di Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini karena Disbun Kaltim menunjukkan komitmen dalam pelayanan publik bidang pertanian, terutama di sub perkebunan," kata Kepala Disbun Kaltim Ahmad Muzakkir melalui rilis di Samarinda, Kamis.

Sejak dulu hingga saat ini, Disbun Kaltim terus memberikan layanan optimal kepada publik, baik layanan informasi, bantuan peralatan perkebunan, hingga pembinaan bagi masyarakat untuk mewujudkan perkebunan yang berkelanjutan.

"Hal lain yang terus dilakukan adalah pengawasan terhadap kinerja pembangunan perkebunan di lapangan, yakni dengan mengembangkan berbagai inovasi pendukung layanan publik, guna memudahkan dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat," katanya.

Sedangkan sejumlah layanan unggulan yang sedang diterapkan Disbun Kaltim hingga kini antara lain layanan data dan informasi, advis teknis perizinan perkebunan, sertifikasi benih dan kebun benih, serta layanan izin usaha produksi benih tanaman perkebunan.

Setelah menerima secara simbolis plakat Abdi Bakti Tani selaku Unit Pelayanan Publik Berprestasi Utama yang diserahkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada upacara di halaman kantor Kementan, Muzakkir bersyukur menerima penghargaan tersebut, meski dalam pelayanan yang diterapkan bukan bertujuan untuk memperoleh penghargaan.

Menurut dia, penjaringan peserta melalui penilaian oleh tim juri dari Kementan telah berlangsung sejak awal 2023, sekaligus merupakan ajang yang diselenggarakan dua tahun sekali.

Adapun peserta yang dinilai terdiri dari Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP)/Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di lingkungan Kementerian Pertanian baik untuk tingkat provinsi, kabupaten maupun kota se Indonesia.

"Disbun telah memberikan pelayanan publik dengan baik, sehingga dinilai berhak masuk sebagai penerima penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2023, kemudian menerima plakat Unit Pelayanan Publik Berprestasi Utama," katanya.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023