Ke depan, Bank Indonesia meyakini stabilitas sistem keuangan akan tetap terjaga dengan fungsi intermediasi perbankan yang akan meningkat seiring dengan peningkatan kinerja perekonomian nasional,"
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia optimistis fungsi intermediasi perbankan akan tetap terjaga dengan baik dalam beberapa bulan ke depan karena solidnya kinerja industri perbankan.

"Ke depan, Bank Indonesia meyakini stabilitas sistem keuangan akan tetap terjaga dengan fungsi intermediasi perbankan yang akan meningkat seiring dengan peningkatan kinerja perekonomian nasional," kata Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution saat konferensi pers di Gedung BI, Jakarta, Kamis.

Darmin mengatakan, kinerja industri perbankan yang solid tercermin pada tingginya rasio kecukupan modal (CAR/Capital Adequacy Ratio) yang berada jauh di atas minimum delapan persen dan terjaganya rasio kredit bermasalah (NPL/Non Performing Loan) gross di bawah lima persen.

"Sementara itu, pertumbuhan kredit hingga akhir Februari 2013 mencapai 23,4 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya," ujar Darmin.

Kredit modal kerja dan kredit investasi juga masih tumbuh cukup tinggi sebesar 24,5 persen (yoy) dan 25,4 persen (yoy).

Sedangkan, untuk kredit konsumsi konsumsi tumbuh 20,3 persen (yoy).

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013