Jakarta (ANTARA) - Dubes Indonesia untuk Mesir Lutfi Rauf mengatakan, tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” merefleksikan semangat bangsa Indonesia untuk melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi dan memanfaatkan momentum untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Menurutnya, tema tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju, menambahkan bahwa Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang nyata.

“Jangan berhenti meneruskan pembangunan dan peradaban bangsa dengan semangat gotong royong dan estafet,” kata Lutfi dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, dengan semangat estafet, WNI harus menumbuhkan semangat kerja sama, koordinasi, kolaborasi, dan sinkronisasi dari setiap elemen WNI yang berada di Mesir.

Lutfi juga mengajak seluruh WNI di Mesir untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang, berkorban, dan berjasa untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut siaran pers, KBRI Kairo mengadakan upacara bendera di lapangan Wisma Duta dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

Upacara tersebut diikuti oleh 300 orang WNI dengan Dubes Lutfi Rauf sebagai inspektur upacara, serta siswa dari Sekolah Indonesia Cairo (SIC) dan Ma’had Al Azhar sebagai Pasukan Pengibar Bendera.

Upacara bendera dimulai pukul 08.00 pagi waktu Kairo dan dihadiri oleh Home Staff, pegawai setempat KBRI Kairo, perwakilan Dharma Wanita, dan perwakilan mahasiswa dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC).

Para siswa SIC menampilkan aubade dengan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dan lagu daerah secara massal. Penampilan mereka yang sangat memukau mendapatkan sambutan yang luar biasa.

Selain itu, SIC juga mengadakan berbagai macam lomba, seperti lomba menggambar, balap kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, kebersihan kelas, makan kerupuk, dan balap karung. Khusus untuk lomba menggambar, panitia HUT RI mengangkat tema “Indonesia-Egypt: Trade with Remarkable.”

Selain itu, KBRI Kairo juga mengadakan berbagai lomba cabang olah raga seperti lomba takraw, tenis meja, bilyar, catur, dan bulutangkis. Perlombaan tersebut dimulai sejak awal bulan Agustus dan melibatkan para Home Staff dan pegawai setempat KBRI Kairo.


Baca juga: Paskibra KBRI Doha libatkan siswa berkebutuhan khusus
Baca juga: Lima WNI dapat penghargaan dari Dubes Brunei
Baca juga: Dubes terharu ratusan WNI di Timor Leste rela upacara HUT RI


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023