Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kairo, Mesir, mengapresiasi program Pendidikan Kader Ulama- Masjid Istiqlal (PKU-MI) gelombang I dan II sebagai sarana untuk meregenerasi ulama Indonesia.

Menurut rilis pers KBRI Kairo yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Selasa, dalam acara penutupan program bagi mahasiswa PKU-MI yang telah menyelesaikan 6 bulan Short Course di Universitas Al Azhar pada Minggu (21/1), Dubes RI untuk Mesir Lutfi Rauf menyatakan apresiasinya terhadap program tersebut.

Dia menilai program itu sangat penting mengingat banyak ulama Indonesia meninggal dunia pasca pandemi COVID-19.

Oleh karena itu,  Lutfi berharap program itu terus berlanjut, terlebih kepada universitas Al- Azhar yang menurutnya merupakan kiblat intelektual dan ilmu pengetahuan Islam.

Sementara itu, penasihat Grand Syaikh al-Azhar Nahla Al Sha'idi juga memberikan apresiasi kepada Masjid Istiqlal Jakarta atas inisiasinya melaksanakan program itu sebagai sarana untuk menuntut ilmu.

Dia mengumpamakan program pendidikan ulama tersebut seperti membangun kapal besar yang memuat banyak orang.

"Maka jangan sampai kapal tersebut bocor dan menenggelamkan banyak orang. Inilah tugas ulama. Menjaga umat dari tenggelam dalam kegelapan dan kesesatan. Memberikan keselamatan kepada umat hingga sampai tujuan yang sebenarnya, yaitu cahaya Islam," katanya.

Sedangkan, Manajer PKU-MI Mulawarman, yang mengikuti acara itu melalui zoom, menyampaikan terima kasih kepada KBRI dan Al-Azhar karena telah memberikan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk program tersebut.

Dia menyampaikan bahwa Indonesia saat ini dilanda krisis ulama. Saat wabah COVID-19 melanda, ia menyebutkan bahwa seribu ulama Indonesia telah wafat.

Oleh karena itu, regenerasi ulama, kata dia, perlu dilakukan untuk membimbing dan mengambil peran sentral mencerahkan masyarakat Indonesia.

Short Course yang digelar atas kerja sama antara PKUMI, PTIQ dan Universitas Al Azhar itu, menurutnya, harus terus mendapat dukungan dari Pemerintah Indonesia.

 Baca juga: 30 santri di Jawa Timur apat beasiswa kuliah di Al Azhar Mesir
Baca juga: UMRi jajaki kerja sama dengan Univesitas Al-Azhar Kairo

Baca juga: Dapat penghargaan, mahasiswa Indonesia berprestasi di Al-Azhar Kairo
 

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024