mengajak semua terus bergerak bersama dalam harmoni untuk membangun Indonesia
Timika (ANTARA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar upacara HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8) di Tembagapura Kabupaten Mimika, Papua Tengah sekaligus menggaungkan semangat harmonisasi dan kolaborasi yang terbungkus dalam tema ‘Kita Satu, Melaju untuk Indonesia Maju".

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Jumat, mengatakan momentum Hari Kemerdekaan RI merupakan saat yang tepat untuk mengekspresikan rasa cinta Tanah Air.

"Kemerdekaan RI juga menguatkan semangat kolaborasi dan persatuan dalam keberagaman untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa," katanya.

Menurut Tony, pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh karyawan dan pemangku kepentingan yang telah ikut berkontribusi dan memberikan dukungan untuk keberlanjutan operasi perusahaan, sehingga PTFI dapat terus memberikan manfaat langsung dan tidak langsung terhadap penerimaan negara.

“PTFI adalah salah satu aset bangsa yang luar biasa, yang dikelola oleh anak bangsa untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa membentang di Tambang Grassberg Papua
Baca juga: Lantamal X Jayapura kibarkan bendera Merah Putih di bawah laut


Dia menjelaskan banyak pencapaian yang telah diraih bersama di tengah berbagai tantangan sehingga operasi perusahaan dapat terus berkelanjutan dan memberikan kontribusi bagi negara.

"Di tahun 2022, PTFI mampu mencatat angka manfaat langsung terhadap penerimaan negara sebesar Rp55 triliun, dalam bentuk pajak, royalti, dividen, serta pembayaran lainnya, di mana Rp 8,7 triliun diantaranya berupa manfaat langsung yang diterima Papua," katanya lagi.

Dia menambahkan sementara angka manfaat tidak langsung PTFI untuk Indonesia di tahun 2022 mencapai Rp90 triliun, dalam bentuk pembayaran gaji karyawan, pembelian dalam negeri, pengembangan masyarakat, pembangunan daerah, dan investasi dalam negeri.

"Dengan semangat "Kita Satu, Melaju untuk Indonesia Maju" kami mengajak semua terus bergerak bersama dalam harmoni untuk membangun Indonesia,” ujarnya lagi.

Baca juga: Bendera Merah Putih panjang 100 meter dibentangkan di Jembatan Youtefa
Baca juga: Masyarakat Sawagumu sambut HUT RI ke 78 dengan pengobatan gratis
Baca juga: Pemprov Papua gelar pasar murah di perbatasan meriahkan HUT Ke-78 RI


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023