Pekanbaru, (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah(Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal  mencopot Iptu Putra Amor dari jabatan sebagai  Kepala Kepolisian Sektor(Kapolsek) Rumbai Pekanbaru usai insiden kaburnya 10 tahanan beberapa waktu lalu.

Selain jabatannya dicopot, Iptu Putra Amor juga tengah menjalani pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Riau. “Iya, benar sudah dicopot," kata Irjen Iqbal saat dikonfirmasi, Senin.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Hery Murwono juga mengatakan Iptu Putra Amor saat ini masih dalam pemeriksaan Propam Polda Riau. Selain Kapolsek, beberapa anggota Polsek Rumbai yang piket saat kejadian turut diperiksa oleh Polresta Pekanbaru dan Propam Polda Riau.

"Info dari Kabid Propam, masih dalam penyelidikan dan pemeriksaan," ujar Hery.

Diketahui sebelumnya, 10 tahanan Polsek Rumbai dengan berbagai perkara dikabarkan kabur dari sel tahanan beberapa waktu lalu. Para tahanan ini terjerat berbagai kasus yaitu pencurian, pelecehan anak di bawah umur, penggelapan serta penyalahgunaan narkoba.

Usai melarikan diri sekitar 10 hari, 10 tahanan berinisial RR, RNY, RF, MA, HI, SC, DS, NW, A dan DP kembali diringkus di berbagai lokasi. Empat diantaranya dihadiahi tembakan lantaran sempat memberikan perlawanan saat akan diringkus.

"Dalang di balik ide pelarian ini ialah A. Caranya dengan menggali toilet tahanan yang langsung mengarah ke 'septic tank'," ungkap Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian.

Menurut Jefri, tahanan menggunakan piring melamin yang biasanya digunakan makan untuk menggali jalan keluar. "Rencana ini dilakukan para tersangka hanya dalam hitungan jam," tutur Jefri.

Ketika saja menghirup udara luar, salah satu tersangka bahkan kembali melakukan tindak pidana. Tersangka NO nekat mencuri telepon seluler dan sepeda motor di wilayah Kecamatan Rumbai.
Baca juga: Kasus narkoba Kapolsek Sepatan terungkap akibat anak buah mangkir
Baca juga: Kapolsek Sepatan Tangerang dicopot karena narkotika
Baca juga: Kapolsek di NTT dicopot karena mabuk saat menganiaya warga
Baca juga: Seorang kapolsek di Rote Ndao NTT dicopot karena terlibat penganiayaan
Baca juga: Kapolsek Kembangan dicopot karena gelar pesta pernikahan

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023