Pemindahan dengan menggunakan `crane` merupakan opsi pertama.
Kuta (ANTARA News) - Bangkai pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Pantai Segara, Kuta, Bali, akan dipotong menjadi beberapa bagian sebelum dipindahkan ke Pantai Kelan.

"Kami upayakan untuk memotong menjadi beberapa bagian dengan mengerahkan orang-orang yang memiliki kemampuan," kata Direktur Airport Service Lion Air Bali, Capt Daniel Putut, saat memberikan keterangan pers di "Emergency Operations Service" Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Senin.

Ia berharap pemotongan bangkai pesawat jenis Boeing 737-800NG yang jatuh saat hendak mendarat di Bandara Ngurah Rai, Sabtu (13/4) sore, itu dapat memudahkan investigasi Tim Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT).

Daniel menjelaskan bahwa timnya akan memotong bangkai pesawat bernomor registrasi PK-LKS itu mulai dari bagian kepala, sayap, hingga badan pesawat.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Ngurah Rai, Letkol (Pnb) Atang Sudradjat mengatakan bahwa setelah dipotong menjadi beberapa bagian, tim akan mengangkat bangkai pesawat itu dengan menggunakan "crane" dari Pantai Segara ke Pantai Kelan yang lebih dekat dengan bandara.

"Pemindahan dengan menggunakan `crane` merupakan opsi pertama. Kami menunggu tim dari Surabaya yang membawa alat untuk dapat mengapungkan bangkai pesawat menuju Pantai Kelan," katanya.

Tim pemindahan bangkai pesawat yang baru sebulan beroperasi itu juga saat ini masih menunggu air laut pasang guna memudahkan proses pemindahan sehingga tidak merusak terumbu karang.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013