Kami berharap agar penelitian promovendus ini, dapat segera dipatenkan, dan juga menjadi produk inovasi yang bisa dinikmati masyarakat,"
Banda Aceh (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) Darussalam Banda Aceh. Provinsi Aceh, Dr dr Wahyu Lestari, Sp.KK menjadi lulusan doktor pertama dari program S3 Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK).

Wahyu Lestari berhasil menyelesaikan pendidikan S3-nya selama tiga tahun, dengan judul disertasi "Pengaruh Ekstrak Topikal Cascara Pulp Kopi Arabika Gayo (Coffea Arabica) sebagai Antioksidan Topikal dalam Photoaging".

"Kami berharap agar penelitian promovendus ini, dapat segera dipatenkan, dan juga menjadi produk inovasi yang bisa dinikmati masyarakat," kata Rektor USK Prof Marwan di sela-sela memimpin langsung sidang promosi doktor di Darussalam, Banda Aceh, Selasa.

Adapun promotor utama adalah Prof. Dr. Kartini Hasballah MS Apt, Prof Dr dr. M Yulianto Listiawan Sp.KK(K). FINSDV, FASDV dari FK Unair sebagai co promotor 1, Dr Sofia, MSc sebagai co promotor 2, penguji sidang terbuka Prof Dr dr Oki Suwarsa Sp.KK (K) dari FK Unpad, Dr dr Nanda Earlia Sp.KK, dan Dr. Gholib S.Pt, M.Si.

Dekan FK USK, Prof Dr. dr Maimun Syukri Sp,PD, KGH Finasim mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dr Wahyu Lestari, yang secara komprehensif, disertasinya berdampak dari hulu ke hilir pada pergerakan ekonomi, khususnya bagi para petani kopi.

"Ini juga akan menjadi inovasi baru yang bisa dikembangkan terus di Aceh, Indonesia, hingga ke tingkat global dalam konteks industrial," katanya.

Ia menyebutkan saat ini FK USK memiliki 22 program studi, salah satunya adalah program studi S3 yang dimulai sejak 2019.

Direktur Bisnis USK, Dr Syaifullah ST juga menyambut baik dengan disertasi tersebut dana ia berjanji akan membantu mengembangkan hingga menjadi produk yang sesuai dengan beberapa produk di unit bisnis USK.

Baca juga: Enam prodi USK raih akreditasi internasional

Baca juga: Tim dosen FKG USK edukasi kesehatan mulut anak-anak pemulung

Baca juga: Universitas Syiah Kuala Banda Aceh luluskan 16 dokter spesialis

Baca juga: Kemendag lepas ekspor kopi Gayo ke Inggris


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023