Moskow (ANTARA) - Rusia mengangkat Letnan Jenderal Viktor Afzalov, Kepala Staf Umum Angkatan Udara sebagai pejabat baru kepala angkatan antariksa untuk menggantikan Sergei Surovikin, yang dijuluki "Jenderal Armageddon", lapor kantor berita RIA pada Rabu.

Surovikin menghilang dari publik setelah pemberontakan tentara bayaran Wagner terhadap para petinggi pertahanan Rusia.

Saat pemberontakan Wagner pada 23-24 Juni, Surovikin yang pernah mengomandani seluruh operasi militer Rusia di Ukraina, muncul dalam sebuah video.

Terlihat tegang dan tanpa lencana, dia mendesak bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin agar berhenti berparade ke Moskow.

Sejak pemberontakan yang diakhiri dengan negosiasi dan kesepakatan itu, sejumlah media massa Rusia dan asing melaporkan bahwa Surovikin, yang sering disanjung oleh Prigozhin, sedang diselidiki atas kemungkinan keterlibatan dia dalam pemberontakan itu. Sang jenderal kemudian dikenai tahanan rumah.

Pencopotan dia dari jabatan kepala staf angkatan antariksa Rusia itu, menunjukkan pihak berwenang sudah menemukan kesalahan dalam perilaku sang jenderal. Namun demikian, letak kesalahan dia tetap tak terungkap.

Outlet berita Rusia RBC, dan Rybar yang merupakan saluran Telegram yang dekat dengan Kementerian Pertahanan Rusia, pada Selasa melaporkan bahwa Surovikin sudah dicopot dari jabatan kepala staf angkatan udara Rusia.

Pada Rabu, RIA mengutip seorang sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa: "Mantan kepala staf Angkatan Udara dan Antariksa Rusia Sergei Surovikin kini sudah dibebastugaskan dari jabatannya, sementara Letnan Jenderal Viktor Afzalov, Kepala Staf Umum Angkatan Udara, untuk sementara menjabat Panglima Angkatan Udara".

Sejak 1 Agustus 2015, Rusia menggabungkan angkatan udara dan angkatan antariksa, menjadi angkatan udara dan antariksa.

Reuters tak dapat memverifikasi laporan itu secara independen dan juga tidak ada konfirmasi resmi mengenai kabar ini.

Surovikin dijuluki "Jenderal Armagedon" atau "jenderal hari kiamat", berkat taktik kerasnya saat Rusia melancarkan intervensi militer di Suriah.

Dia ditugaskan mengepalai operasi militer Rusia di Ukraina Oktober tahun lalu, tetapi pada Januari posisi itu diserahkan kepada Jenderal Valery Gerasimov, panglima angkatan bersenjata Rusia. Surovikin diangkat sebagai wakil Gerasimov.

Afzalov sebelumnya adalah wakil Surovikin dan sudah menjadi kepala staf Angkatan Antariksa selama paling tidak empat tahun, kata intelijen militer Inggris.

Selama Surovikin absen dari publik, Afzalov terlihat tampil bareng Gerasimov dalam pengarahan yang disiarkan televisi bulan lalu.

Sumber: Reuters
Baca juga: Fakta singkat "Jenderal Armageddon", dari Suriah sampai Wagner
Baca juga: Rusia enggan ungkap keberadaan dan nasib "Jenderal Armageddon"
Baca juga: Rusia tuduh pemimpin tentara bayaran Wagner memberontak

 

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023