Jakarta (ANTARA) - Dewan Kesenian Nasional Daerah Jakarta Barat membuka gerai di pusat perbelanjaan (mal) untuk memacu perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Sekretaris Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Barat, Emi Nurhadiati menyebutkan, pihaknya membuka 32 gerai UMKM dalam kegiatan yang bertajuk "Dekranasda Goes To Mall" atau "Dekranasda Menuju Mal".

"Sebagian besar dari 32 gerai itu anggota Dekranasda Jakarta Barat. Tetapi yang pasti semuanya anggota pelaku UMKM binaan 
Jakarta Barat," kata Emi saat ditemui di lokasi.

Adapun 32 gerai tersebut terdiri dari fesyen, kerajinan tangan, asesoris dan dekorasi rumah.

Hingga pukul 14.00 WIB, omzet agregat dari para pelaku UMKM yang memasarkan dagangannya dalam kegiatan tersebut sekitar Rp20 juta. "Kalau omzet, karena sekarang masih pembukaan, baru sekitar Rp20 juta," kata Emi.

Baca juga: Pemkot Jakbar selenggarakan bazar UMKM meriahkan HUT Ke-78 RI

Ia menyebutkan, pada pemasaran Dekranasda di mal sebelumnya dengan 21 gerai UMKM, omzet agregatnya mencapai Rp500 juta.

"Jadi sekarang kan kita menghadirkan lebih banyak gerai UMKM (32 gerai). Harapannya omzet mereka juga bisa meningkat," kata Emi.

Emi juga meminta para pelaku UMKM untuk secara mandiri mempromosikan barang dagangannya, baik melalui media sosial ataupun menggunakan pamflet.

"Kita dari Dekranasda hanya memfasilitasi, selebihnya itu perlu usaha promosi mandiri juga dari pelaku UMKM. Misalnya, lewat media sosial atau pamflet," kata Emi.

Baca juga: UMKM di Jakarta Barat bisa urus sertifikasi halal di kecamatan

Seorang pelaku usaha budidaya kaktus hias, Santo (27) mengaku harga kaktus yang dijualnya berkisar Rp100 ribu sampai Rp50 juta.
"Harganya itu tergantung kelangkaan kaktusnya," kata Santo.

Hingga pukul 14.00 WIB ia sudah mendapatkan omzet sekitar Rp2 juta lebih. "Kalau hari ini, baru ada yang pesan, sekitar Rp2 juta lebih. Semoga semakin laku," kata Santo.

Sedangkan Fitry (35) yang menjual wadah dan cairan aroma terapi mengaku omzetnya pada hari pertama penjualan mencapai Rp400 ribu.

"Omzet sampai sekarang (pukul 14.00 WIB) baru mencapai Rp400 ribu. Semoga semakin laku," kata Fitry.

Pembukaan gerai Dekranasda di mal pada Rabu diramaikan penampilan musik, "stand up comedy" dan beberapa acara lain. Kegiatan tersebut berlangsung pada 23 Agustus-3 September 2023.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023