Kendari (ANTARA) - Mantan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi PT Midi Utama Indonesia (MUI), ditahan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kendari usai diperiksa oleh penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara.

"'Kan sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka. Pada hari ini yang bersangkutan (Sulkarnain) sudah memenuhi panggilan, kemudian penyidik melakukan pemeriksaan, lalu penyidik menetapkan penahanan terhadap yang bersangkutan," kata Asisten Intelijen Kejati Sultra Ade Hermawan di Kendari, Rabu.

Wali Kota Kendari periode 2017—2022 itu ditahan di Rutan Kendari selama 20 hari ke depan.

Ade Hermawan mengungkapkan bahwa Sulkarnain Kadir meminta sejumlah imbalan kepada PT MUI untuk mengeluarkan perizinan.

"Diberikan syarat-syarat dengan imbalan, dia (PT MUI) diminta untuk dibuatkan kampung warna-warni dengan meminta imbalan Rp700 juta. Akan tetapi, di satu sisi kampung itu juga sudah dibiayai oleh APBD," katanya.

Baca juga: Mantan Wali Kota Kendari hadiri pemeriksaan di Kejati Sultra
Baca juga: Kejati tetapkan tersangka baru dugaan korupsi pertambangan di Konut

 
Asisten Intelijen Kejati Sultra Ade Hermawan (tengah) bersama Kasi Penkum Dody (kanan). ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra


Ia mengatakan bahwa saat ini penyidik Kejati Sultra masih terus melakukan pengembangan terhadap kasus dugaan korupsi di PT MUI, dan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan tersangka baru.

"Tidak menutup kemungkinan kalau ada fakta-fakta baru di persidangan muncul," jelasnya.

Mantan Wali Kota Sulkarnain Kadir diperiksa oleh penyidik Kejati Sultra dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi kurang lebih 3 jam.

Sebelumnya, kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sultra Dody, mantan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai tersangka di Kejati Sultra sekitar pukul 18.00 WITA.

"Jadi, pada hari ini tersangka atas nama SK sudah memenuhi panggilan penyidik Kejati Sulawesi Tenggara, kemudian yang bersangkutan tadi datang pada pukul 18.00 WITA," katanya.

Sebelum pemeriksaan, Sulkarnain Kadir terlebih dahulu melaksanakan salat Magrib di muhala Kejati Sultra, kemudian bertemu penyidik untuk keperluan pemeriksaan sebagai tersangka.

"Pada pukul 18.20 WITA, masuk ke ruang penyidik untuk pemeriksaan," jelasnya.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023