Kawasan industri di wilayah Kecamatan Gending akan diberi nama Probolinggo Industrial Park, sehingga kami berkomitmen membantu perusahaan itu dalam proses perizinan agar dapat dapat dilayani dengan mudah dan cepat agar kawasan industri bisa segera di
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Probolinggo bersama salah satu perusahaan akan membangun kawasan industri di salah satu kecamatan untuk peluang investasi dan mendongkrak sektor perekonomian di wilayah setempat.

"Kami menyiapkan kawasan industri di wilayah Kecamatan Gending seluas 466 hektare," kata Sekretaris Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto dalam keterangan tertulis yang diterima di kabupaten setempat, Sabtu.

Pemkab Probolinggo juga sudah melaksanakan rapat pembahasan progres pembangunan kawasan industri bersama PT. Maspion di pringgitan dalam Pendapa Prasaja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo, Jumat (25/8).

Sekda Ugas didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ahmad Hasyim Ashari, Inspektur Tutug Edi Utomo, Kepala Bappelitbangda Santiyono dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Kawasan industri di wilayah Kecamatan Gending akan diberi nama Probolinggo Industrial Park, sehingga kami berkomitmen membantu perusahaan itu dalam proses perizinan agar dapat dapat dilayani dengan mudah dan cepat agar kawasan industri bisa segera dibangun," katanya.

Ugas bersyukur dan menyampaikan terima kasih atas hadirnya kawasan industri baru di Kabupaten Probolinggo karena akan berpeluang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo khususnya masyarakat Kecamatan Gending dan sekitarnya.

"Kami merespons baik kehadiran tim calon investor yang ingin melakukan pembahasan progres rencana pembangunan kawasan industri salah satunya seperti di wilayah Kecamatan Gending. Solusi-solusi telah kami tawarkan untuk yang terbaik," katanya.

Ia menjelaskan ada dua sasaran yang masuk potensial pengelola kawasan industri di Probolinggo yaitu lokasi di Desa Pajurangan dan Curahsawo, Kecamatan Gending, sehingga untuk menyukseskan adanya kawasan industri di Kabupaten Probolinggo harus didukung oleh semua pihak secara maksimal.

Sementara Direktur V Maspion Eska Kanasut menjelaskan pihaknya terus melakukan koordinasi demi kelancaran pembangunan kawasan industri di Kecamatan Gending karena Kabupaten Probolinggo sangat berpotensi untuk pembangunan kawasan industri perusahaannya.

"Kami memilih Kabupaten Probolinggo sebagai lokasi yang tepat untuk dibangunnya kawasan industri ini, tidak lain adalah sebagai wujud kecintaan terhadap Kabupaten Probolinggo," katanya.

Baca juga: Wali Kota Probolinggo: Santri harus siap hadapi revolusi industri 4.0

Baca juga: Pemkab Probolinggo kembangkan varietas tembakau unggul lokal

Baca juga: Tol Paspro Seksi Probolinggo Timur – Gending dioperasikan

Baca juga: Khofifah: Tradisi petik laut di Probolinggo jadi potensi wisata

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023