Kita bangga olahraga basket bisa menarik begitu banyak penonton untuk hadir memenuhi arena
Jakarta (ANTARA) - Laga Kanada melawan Prancis pada ajang Piala Dunia FIBA 2023 yang digelar di Indonesia Arena pada Jumat (25/8) berhasil memecahkan rekor penonton pertandingan olahraga dalam ruangan terbanyak yang pernah diselenggarakan di Tanah Air, yakni 12.091 penonton.

"Jumlah 12 ribu lebih itu rekor penonton indoor untuk pertandingan olahraga yang digelar di Tanah Air. Kita bangga olahraga basket bisa menarik begitu banyak penonton untuk hadir memenuhi arena," kata Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Lokal (LOC) FIBA World Cup 2023 Junas Miradiarsyah dikutip dari keterangan resmi.

Rekor penonton pada pertandingan olahraga dalam ruangan tersebut juga merupakan rekor pada olahraga bola basket. Sebelum adanya Indonesia Arena, stadion dalam ruangan terbesar untuk bola basket yang dimiliki Indonesia berada di Britama Arena Kelapa Gading Jakarta dengan kapasitas 5 ribu penonton.

Jumlah 12.091 penonton yang memadati Indonesia Arena pada laga Jumat malam tersebut merupakan kapasitas maksimal dari stadion yang digunakan untuk ajang Piala Dunia FIBA 2023.

Baca juga: Hari pertama FBWC diserbu 18 ribu penonton, LOC antisipasi kepadatan

Meskipun kapasitas total Indonesia Arena mencapai 16.500 tempat duduk, namun kursi tersebut dipangkas untuk kebutuhan peliputan dan penyiaran seperti tribun media sehingga hanya tersisa 12 ribu lebih.

Junas berharap antusiasme penonton akan terus tinggi hingga pertandingan penyisihan berakhir di Indonesia Arena pada 3 September. Dia mengatakan, panitia akan terus berusaha memperbaiki pelayanan kepada penonton berdasarkan masukan dari berbagai pihak.

"Tentu saja concern kami memberikan kenyamanan terbaik untuk penonton yang hadir di Indonesia Arena sepanjang penyelenggaraan FIBA World Cup 2023," kata Junas.

Di tempat lain yang juga menggelar FIBA World Cup 2023 yakni di Manila Filipina juga membuat sejarah kehadiran penonton. Sebanyak 38.115 penonton hadir di Philippine Arena untuk menyaksikan pertandingan tuan rumah melawan Republik Dominika di babak penyisihan Grup A. Rekor penonton di Manila ini sebenarnya juga di bawah kapasitas maksimal Philipine Arena yang bisa menampung 55 ribu orang.

Rekor sebelumnya untuk pertandingan Piala Dunia Bola Basket FIBA pada arena dalam ruangan terjadi pada final Piala Dunia 1994 di Toronto, Kanada, yakni sebanyak 32.616 penonton menyaksikan kemenangan AS di SkyDome.

Baca juga: Tim bertabur bintang Kanada hancurkan Prancis 95-65
Baca juga: Ratusan warga Latvia terbang ke Indonesia demi FIBA World Cup 2023

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023