Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha bekerja sama dengan Qatar Reads membagikan 1.000 paket bacaan anak dalam rangka perayaan Tahun Kebudayaan Indonesia dan Qatar sekaligus memperingati HUT ke-78 RI.

Qatar Reads adalah sebuah lembaga yang berfokus meningkatkan minat baca bagi anak-anak di Qatar.

"Dengan pengetahuan dan pemahaman sedini mungkin tentang Indonesia, maka mereka sesungguhnya telah menjadi bagian dari komunitas Friend of Indonesia dan akan memudahkan kerja diplomasi Indonesia di masa mendatang", kata Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Ridwan juga menegaskan pentingnya keterlibatan anak-anak dalam diplomasi publik Indonesia di Qatar dengan mengibaratkan sebuah pepatah Arab yang berbunyi belajar ketika kecil ibarat melukis di atas batu, sementara belajar ketika sudah dewasa ibarat melukis di atas air.

Sementara itu Pelaksana Fungsi Sosial Budaya KBRI Doha Ali Murtado menjelaskan pengadaan paket bacaan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Qatar Reads dan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Penyerahan paket bacaan yang terdiri atas dua buah buku tentang Indonesia berbahasa Arab, komik singkat dan puzzle bangunan bersejarah di Indonesia, dilakukan secara simbolis oleh Dubes Ridwan di rumah orang tua anak pada 21 Agustus dan di KBRI Doha pada 26 Agustus.

Kegiatan tersebut juga merupakan upaya KBRI Doha untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada anak-anak warga negara Qatar dan warga asing lainnya.

Selain pembagian paket bacaan, KBRI Doha juga menggelar kegiatan Embassy Day dengan mengundang puluhan anak Qatar untuk datang ke KBRI dan menyaksikan pertunjukan budaya Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut mereka juga diperkenalkan tarian, cerita rakyat, seni membatik, angklung serta beraneka ragam permainan tradisional Indonesia.

Seorang pengunjung Abdullah (8) mengaku senang dengan kegiatan tersebut. "Saya senang sekali dapat mengenal Indonesia lebih dalam melalui kegiatan Embassy Day dan paket bacaan yang dibagikan".

Baca juga: Paskibra KBRI Doha libatkan siswa berkebutuhan khusus
Baca juga: Indonesia-Qatar berkolaborasi luncurkan buku cerita anak terjemahan

 

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023