IKN salah satu contoh yang membutuhkan solusi-solusi yang sustainable. Di Dow itu, kita punya solusi-solusi yang bisa men-support hal tersebut
Cilegon, Banten (ANTARA) -
PT Dow Indonesia menawarkan beragam produk ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk mewujudkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai kota dengan konsep hijau atau "green city".

"IKN salah satu contoh yang membutuhkan solusi-solusi yang sustainable. Di Dow itu, kita punya solusi-solusi yang bisa men-support hal tersebut," kata Presiden Direktur Dow Indonesia Riswan Sipayung di Cilegon, Banten, Senin.
 
Dia menerangkan saat ini perusahaan yang bergerak di bidang industri kimia itu masih memantau perkembangan pembangunan IKN Nusantara, namun telah siap menawarkan produk-produknya jika memiliki kesempatan untuk ikut berkontribusi dalam proyek tersebut.
 
"Kalau perkembangan proyek IKN sendiri kita belum tahu kondisinya seperti apa, namun yang kita dengar jalan terus proyeknya. Kita mengamati terus dan mencoba menjelaskan produk kita," ujar Riswan.
 
Riswan menyebutkan beberapa produk Dow yang dapat mendukung pembangunan IKN sebagai kota hijau yang berkelanjutan. Pertama adalah produk cat marka jalan (road marking) berbasis air.
 
"Jadi kalau sekarang di Indonesia kan sebagian besar road marking belum water-based. Kita ada produk yang cukup terkenal di negara-negara maju sudah dipakai dan itu bisa dipakai di sana (IKN)," katanya.
 
Kemudian, ada produk aspal polymer modified yang digunakan untuk pembangunan jalan raya. Produk aspal dari Dow diklaim dapat meningkatkan ketahanan hingga 30 persen serta menggunakan energi 10 persen lebih sedikit dalam pemrosesan dan penyimpanan. Aspal tersebut juga memungkinkan aplikasi yang lebih cepat.
 
Selain itu, Dow juga memiliki solusi di bidang bangunan dan infrastruktur dengan menghadirkan produk silicone pavement sealants.

Riswan menuturkan produk tersebut memiliki keunggulan tahan lama dan awet dari paparan sinar UV serta suhu dan cuaca ekstrem.
 
"Dengan menggunakan beberapa building solution yang dari Dow bisa membantu bangunannya lebih hemat energi karena sealant-nya lebih awet terhadap UV dan sebagainya sehingga tingkat kebocoran udara jadi lebih kecil dan pengoperasian building-nya lebih hemat energi," kata Riswan.
 
Dia juga menyebutkan produk di bidang energi terbarukan berupa cairan pemindah panas yang diaplikasikan untuk panel surya.
 
"Terus ada cairan pemindah panas. Misalnya kalau di IKN nanti sumber listriknya apakah panas bumi atau panel surya, di rangkaian panel surya banyak sekali solusi Dow mulai dari panelnya, electrical circuit-nya, dan pemindah panasnya," ucapnya.
 
Dow telah berdiri di Indonesia sejak 1973. Perusahaan itu memiliki satu fasilitas produksi di Cilegon, Banten, yang memproduksi styrene acrilic emultion berbasis air di mana mayoritas disalurkan untuk memenuhi kebutuhan domestik, sementara 20 persen sisanya di ekspor ke negara-negara Asia.

Bahan berbasis air yang ada pada produk styrene acrilic emultion membuatnya jadi tidak berbau, lebih tahan lama, dan lebih rendah VOC (volatile organic compounds).
 
Styrene acrilic emultion berbasis air yang diproduksi di fasilitas produksi Cilegon, banyak diaplikasikan untuk kebutuhan industri pengemasan, bangunan, dan konstruksi.

Baca juga: UI-PT Dow Indonesia berikan penghargaan Champion Plaswas

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023