Slovenia (ANTARA) - Presiden Dewan Eropa Charles Michel, dalam Bled Strategic Forum di Bled, Slovenia, Senin (28/8), mengatakan Uni Eropa (EU) harus siap melakukan perluasan keanggotaan mereka pada tahun 2030.

"Saat ini, perluasan bukan lagi mimpi. Inilah saatnya untuk melangkah maju," kata Michel saat menyampaikan pidato kunci di forum tersebut.

Konferensi internasional itu berlangsung dua hari di Bled dengan berfokus pada solidaritas dan keamanan global tahun 2023.

"Saya yakin kita harus siap pada tahun 2030 untuk melakukan perluasan," tambahnya.

Michel mengatakan bahwa EU bertujuan untuk membantu membangun dunia multipolar yang bertumpu pada kerja sama global.

Bled Strategic Forum diselenggarakan bersama oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Slovenia dan Center for European Perspective. Forum tahunan itu merupakan salah satu konferensi internasional terkemuka di kawasan tersebut.

Negara-negara Balkan Barat ingin bergabung dengan EU. Ukraina dan Moldova masuk dalam daftar kandidat untuk keanggotaan EU. Terakhir kali EU melakukan perluasan ialah pada tahun 2013 ketika Kroasia bergabung dengan blok itu.
 
Masyarakat beristirahat di luar gedung Komisi Eropa di Brussels, Belgia, pada 6 Mei 2023. (ANTARA/Xinhua/Zheng Huansong)



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023