Yang jelas semua pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan mazhab pembangunan pada level desa dengan pendekatan mikro
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mencanangkan Panca Aksi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) sebagai upaya menuju kemandirian desa.

Mendes PDTT dalam peringatan Hari Keswadayaan Masyarakat di Jakarta, Selasa, mengatakan panca atau lima aksi PSM itu memiliki keterkaitan yang erat dengan budaya desa maupun kebijakan pembangunan yang mengarah pada kemandirian desa.

"Yang jelas semua pembangunan yang dilakukan harus sesuai dengan mazhab pembangunan pada level desa dengan pendekatan mikro," ujar Gus Halim, demikian ia biasa disapa.

Baca juga: Mendes tekankan penggunaan dana desa harus berkaitan ekonomi dan SDM

Ia mengemukakan Panca Aksi PSM itu, pertama, masuk dan aktif pada Forum Komunikasi PSM Nusantara. Kedua, meningkatkan literasi warga terhadap capaian-capaian pembangunan dan SDGs desa

Ketiga, bergotong royong membuka peluang usaha dan peluang kerja baru. Keempat fokus menggerakkan solidaritas warga untuk mengurangi kemiskinan. Dan kelima, bersama-sama menjaga kerukunan warga.

Menurut Gus Halim, Panca Aksi itu menjadi sangat efektif dan bisa dilakukan siapa pun pemimpin negeri ini.

"Dengan demikian proses pembangunan yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo membangun dari pinggiran akan berjalan sampai kapan pun," tuturnya.

Baca juga: Mendes pacu penggiat desa tingkatkan kualitas, optimalkan Dana Desa 

Ia menekankan, agar lima poin yang telah dicanangkan itu harus dijalankan dan tidak boleh sedikit pun diabaikan. Sebab peran PSM merupakan sebagai penghubung antar kelas, baik level bawah maupun level atas yang bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM.

"Pada intinya bahwa semangat dalam keswadayaan masyarakat adalah membangun pola hubungan antara kelas-kelas yang didikotomikan oleh teori-teori sosiologi yang tidak perlu ada, yang kemudian dijembatani kelas tertentu yang memiliki kepedulian. Teori itu tidak perlu dibawa tapi semangat inti dari PSM adalah peningkatan SDM kita terutama menuju kemandirian desa," katanya.

Ia menyebutkan, jumlah total PSM di Indonesia sebanyak 2.874 orang yang tersebar di berbagai instansi, terdiri dari sebanyak 219 PSM di Kemendes PDTT, Kemenag 27 PSM, Kemkominfo 20 PSM, BNN tujuh PSM, KLH tujuh PSM, Bakamla dua PSM, BNPT satu PSM, dan 2.591 PSM berada di tingkat pemerintahan daerah.

Baca juga: Kemendes PDTT sediakan data desa tingkatkan kualitas SDM
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023