Jakarta (ANTARA) - Bos Tim Red Bull Christian Horner mengatakan akan fokus pada pemulihan cedera pembalap ketiganya, Daniel Ricciardo, setelah mengalami kecelakaan saat melakoni rangkaian Grand Prix Belanda, akhir pekan lalu.

"Dia telah menjalani operasi, beberapa sekrup dan pelat dipasang di (tulang) metakarpalnya dan itu berjalan dengan baik, berhasil," kata Horner, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

"Prosedurnya cukup mudah, jadi sekarang yang terpenting adalah pemulihan dan kita lihat saja nanti. Bagi manusia normal, pemulihan akan memakan waktu beberapa bulan, sedangkan bagi seorang pembalap Grand Prix seringkali jauh lebih singkat," ujarnya menambahkan.

Meskipun pemulihan untuk pembalap F1 ia nilai lebih cepat, Horner mengelak bahwa Ricciardo bisa segera kembali ke balik kemudi pada Grand Prix Italia yang akan bergulir di Sirkuit Monza, akhir pekan ini.

Sementara itu, Ricciardo langsung menjalani operasi untuk memperbaiki patah tangannya dan operasi itu baru-baru ini dinyatakan berhasil. Pembalap yang menggantikan Nyck De Vries untuk AlphaTauri itu mengalami kecelakaan di Zandvoort pada sesi latihan bebas kedua, Jumat (25/8).

Cedera Ricciardo terjadi ketika ia melakukan upaya demi menghindari Oscar Piastri yang menabrakkan McLaren-nya ke pembatas saat sesi latihan kedua.

Ricciardo yang mengikuti dari belakang, tidak dapat menyelamatkan diri tepat waktu. Ia lalu memilih untuk menabrak pembatas daripada McLaren yang sudah menabrak pembatas sebelumnya. Saat melakukan itu, Ricciardo tidak bisa melepaskan tangannya dari kemudi sebelum terjadi benturan.

Baca juga: Ferrari bawa livery spesial untuk GP Italia

Soal operasi, ada penempatan pelat logam dan beberapa sekrup untuk memperbaiki posisi tulang Ricciardo.

"Menjalani operasi pagi ini, saya mendapatkan potongan logam pertama saya, jadi itu keren. Terima kasih banyak kepada semua orang yang telah mengulurkan tangan dan menjaga semangat saya. Ini bukanlah suatu kemunduran, hanya bagian dari kebangkitan," kata Ricciardo di media sosial.

Adapun Horner berharap Ricciardo dapat segera pulih dan kemungkinan terdekat ia kembali balapan adalah saat Grand Prix Singapura yang akan bergulir di Sirkuit Singapura pada 15-17 September.

Sementara itu, pembalap cadangan Liam Lawson dinyatakan siap untuk menggantikan Ricciardo selama diperlukan. Ia berhasil finis dalam debutnya di Grand Prix Belanda di Zandvoort.

Baca juga: Hamilton dan Russell soroti kesalahan strategi Mercedes di GP Belanda
Baca juga: Verstappen cetak hattrick GP Belanda, Alonso kembali naik podium

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023