Kilang Pertamina Plaju mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan
Palembang (ANTARA) - Kilang Pertamina Refinery Unit III Plaju Palembang, Sumatera Selatan meraih tujuh penghargaan Platinum Annual Global CSR and ESG Summit Award 2023 yang diselenggarakan The Pinnacle Group International di Vietnam, Selasa (29/8).

"Komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam menjaga keberlanjutan bisnis dengan pemberdayaan masyarakat lokal terutama di wilayah operasional Kilang Pertamina Refinery Unit III Plaju diapresiasi hingga level internasional terbukti dengan diperolehnya penghargaan tersebut," kata Pjs.Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju Perliansyah di Palembang, Rabu.

Pemberdayaan masyarakat yang mengantarkan Kilang Pertamina Refinery Unit III Plaju meraih penghargaan itu yakni Program Kampung Pangan Inovatif dengan pembinaan industri tempe rumahan.

"Dengan mengangkat topik Good Manufacturing of Tempeh Production Industry, Kilang Pertamina Plaju mendapatkan penghargaan Platinum dalam kategori Best Community Programme Award," ujarnya.

Dia menjelaskan, melalui program pemberdayaan industri tempe rumahan Kampung Pangan Inovatif, perusahaan telah secara aktif melibatkan partisipasi masyarakat dan local hero serta didukung penuh oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Pekerja kilang Pertamina Plaju raih penghargaan emas di ITEX Malaysia
Baca juga: Kilang Pertamina Plaju lakukan penanaman 7.800 batang mangrove 


Penghargaan tersebut menjadi apresiasi untuk seluruh perwira Kilang Pertamina Plaju yang konsisten dalam menjalankan aspek-aspek ESG serta terus-menerus mengupayakan pemberdayaan masyarakat sekitar wilayah operasional, kata Perliansyah.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Kilang Pertamina Plaju Siti Rachmi Indahsari yang menerima penghargaan di Vietnam itu menambahkan, penghargaan tersebut menjadi wujud apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya menjaga keberlanjutan bisnis perseroan terutama dalam implementasi aspek environmental, social and governance (ESG).

Kilang Pertamina Plaju memiliki perhatian yang besar terhadap aspek-aspek keberlanjutan, sebagaimana dituangkan dalam dokumen kebijakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

“Dokumen kebijakan TJSL Kilang Pertamina Plaju mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) dan aspek-aspek ESG,” ujar Rachmi.

Baca juga: Pegawai Kilang Pertamina Plaju-warga Palembang bersihkan Sungai Musi
Baca juga: Kilang Pertamina Internasional Unit Dumai raih penghargaan di Vietnam
Baca juga: Pertamina raih penghargaan pada ajang E2S Proving League 2023

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023