Pemerintah pusat akan mendukung dan telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pengembangan sektor pangan
Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi meminta setiap pemerintah kabupaten/kota menyiapkan lahan 1.000 hektare untuk mendukung produktivitas pangan di tengah ancaman El Nino.

"Kami meminta kawan-kawan kepala daerah kabupaten/kota hingga tingkat provinsi segera menyiapkan lahan minimal 1.000 hektare per kabupaten/kota," kata Wamentan saat kegiatan panen di lahan Balai Besar Peramalan Organisme Pengganggu Tanaman (BBPOPT), Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat.

Ia menyampaikan di antara tujuan penyiapan lahan di setiap kabupaten/kota itu adalah untuk dikelola guna memaksimalkan produktivitas pangan.

"Tujuannya, agar kita selalu bisa, siap, untuk tetap memaksimalkan produktivitas pangan nasional," kata Harvick.

Menurut dia, pemerintah pusat akan mendukung dan telah mengalokasikan anggaran cukup besar untuk pengembangan sektor pangan.

"Ke depan akan banyak sekali program berkaitan dengan sektor ketahanan pangan. Kita harus siap menyambut itu," katanya.

Wamentan mengatakan Kementerian Pertanian telah menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi dampak El Nino. Fokus utamanya ialah menjaga ketahanan pangan.

Upaya yang dilakukan dalam menghadapi El Nino itu di antaranya gerakan percepatan tanam, penguatan alat mesin pertanian berupa pompa air dan sumur, dan penyediaan benih yang lebih tahan dengan cuaca ekstrem.

"Benih-benih tersebut sudah disalurkan ke berbagai daerah, termasuk di wilayah Jawa Barat. Diharapkan itu bisa menjaga produktivitas melalui gerakan percepatan tanam," ujar Harvick.

Baca juga: Wamentan sebut terjadi perlambatan produk beras akibat El Nino
Baca juga: Wamentan: Usaha pertanian menjanjikan untuk generasi milenial
Baca juga: Kementan minta BUMD lebih giat menjalankan usaha produktif

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023