Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamedag) Jerry Sambuaga menyebut ASEAN sebagai organisasi regional yang atraktif dan tidak pernah bias pada forum investasi ASEAN.

“Apa yang membuat ASEAN menjadi lebih atraktif ? Kita bisa menjadi lebih atraktif karena kita tidak pernah bias, kita tidak pernah mengklaim dan kita selalu respect akan kehormatan dan juga kedaulatan negara lain,” kata Wamendag Jerry usai menjadi pembicara pada ASEAN Investment Forum Day 2 di Jakarta, Minggu.

ASEAN, disebutnya selalu menghormati aspirasi dan pemahaman organisasi regional lain mengenai berbagai isu. Ia mencontohkan Uni Eropa yang sangat bias dalam menetapkan definisi yang baik dan buruk terhadap lingkungan seperti deforestasi termasuk produk-produk hasil alam seperti CPO.

“Saya sampaikan bahwa mereka sangat bias dalam hal untuk menetapkan definisi apa yang baik untuk lingkungan apa yang tidak, produk mana yang boleh masuk, produk mana yang tidak dan produk mana yang didiskriminasi produk mana yang tidak,” tuturnya.

Bertolak belakang dengan Uni Eropa, Jerry menuturkan bahwa ASEAN tidak pernah bersikap bias, bahkan selalu menghargai seluruh pemahaman bersama dan konektivitas yang membuat ASEAN mempunyai lebih banyak manfaat bagi negara lain.

“Saya juga ingin tekankan bahwa tidak dibenarkan namanya bias policy seperti itu. Katanya mereka selalu mempromosikan kesetaraan, kebebasan tapi di satu sisi yang sama ketika mereka bias dalam salah satu produk apakah itu bisa dibenarkan ? dari ini harus kita fight,” sambungnya.

Melalui prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan yang selalu dijunjung oleh ASEAN, Jerry meyakini bahwa ASEAN akan menjadi organisasi regional masa depan yang tidak hanya memimpin terkait isu perdagangan luar negeri namun juga memiliki peran strategis dan vital untuk geopolitik.

Keyakinan tersebut dilatarbelakangi oleh kondisi ASEAN yang tidak memiliki perselisihan internal dan senantiasa berfokus pada kolektivitas, hubungan perekonomian dagang bagus dan kondisi politik yang stabil.

“Bahwa ada dinamika mungkin di internal masing-masing itu biasa, di mana pun seperti itu tapi yang saya maksudkan stabilitas di dalam kawasan. Itu menurut saya yang bisa kita tunjukkan positive message terhadap dunia internasional bahwa ASEAN adalah salah satu leading sector,” ucap dia.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023