Jakarta (ANTARA) - Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro meraih akhir pekan yang nyaris sempurna di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, dengan menjuarai MotoGP Catalunya, Minggu.

Tak hanya menjadi akhir pekan yang menyenangkan bagi Espargaro, pencapaian itu juga semakin lengkap untuk Aprilia Racing karena posisi kedua diraih oleh Maverick Vinales yang hanya terpaut 0,377 detik dari rekan satu timnya itu.

Balapan di antara kedua pebalap tim pabrikan Aprilia itu berlangsung cukup sengit. Vinales mulanya dengan mantap berada di posisi terdepan sebelum akhirnya Espargaro mengamankan podium pertama di hadapan publik Spanyol alias kampung halamannya sendiri, setelah sebelumnya pada Sabtu merayakan kemenangan pada balapan sprint.

Sementara itu, nasib kurang mujur dialami juara bertahan sekaligus pesaing terberat musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), yang harus dilarikan ke pusat medis menyusul kecelakaan pada lap pertama.

Setelah melesat dari pole position, Bagnaia mengalami highside di tikungan kedua hingga terpelanting dari motornya sebelum terjatuh di aspal dan mendapati kakinya terlindas salah satu pebalap yang melintas.

Insiden itu terjadi tak lama setelah tabrakan beruntun yang melibatkan Enea Bastianini, lalu Alex Marquez (Gresini Racing), Johann Zarco (Prima Pramac), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) di tikungan pertama lap pembuka.

Bastianini berupaya mencuri posisi dari sisi dalam tikungan pertama.  Namun, kalkulasi yang kurang cermat dari sang pebalap Italia menyebabkan ia malah menabrak Zarco dan menimbulkan efek beruntun.

Bagnaia dan Bastianini pun tidak dapat melanjutkan balapan karena keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.
 
Pembalap MotoGP dari Gresini Racing MotoGP Alex Marquez, Fabio Di Giannantonio dari Gresini Racing MotoGP, Johann Zarco dari Pramac Racing dan Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing Team mengalami kecelakaan di awal balapan MotoGP di Circuit de Barcelona, Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu (3/8/ 2023). ANTARA FOTO/REUTERS/Nacho Doce/Spt.


Baca juga: Espargaro menangi Sprint MotoGP Catalunya secara dramatis

“Kemenangan ini saya persembahkan untuk Pecco Bagnaia,” kata Espargaro dalam wawancara singkat usai balapan.

Beberapa pebalap lain yang gagal finis di MotoGP Catalunya adalah Brad Binder (Red Bull KTM) karena masalah teknis, serta Raul Fernandez (CryptoDATA RNF) dan adik dari sang juara MotoGP Catalunya 2023, Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing).

Daftar lima besar MotoGP Catalunya kali ini dilengkapi oleh dua pembalap Prima Pramac yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco, serta Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF).

Memenangi sprint dan Grand Prix, Espargaro menyapu 37 poin di Catalunya dan kini berada di peringkat lima klasemen, terpaut 106 poin dari Bagnaia yang masih kokoh di puncak dengan 260 poin.

Martin membayangi Pecco dengan selisih 50 poin di peringkat kedua.

Sementara itu, putaran berikutnya untuk MotoGP musim ini akan bergulir di Sirkuit Misano, San Marino, Italia, pada 8-10 September.

Baca juga: Bastianini resmi perpanjang kontrak bersama Ducati hingga 2024

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023