Kendari (ANTARA) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), menerima sebanyak 8.842 mahasiswa baru jenjang diploma tiga (D3) hingga pascasarjana tahun akademik 2023/2024

Ribuan mahasiswa baru itu memadati Lapangan Sepak Bola II UHO Kendari untuk mengikuti upacara penyambutan. Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO La Hamimu di Kendari, Senin, mengatakan bahwa UHO telah menjaring ribuan calon mahasiswa baru dengan berbagai rangkaian seleksi, dan sebanyak 8.842 mahasiswa baru diterima di UHO Kendari.

Baca juga: UHO Kendari jaring 250 mahasiswa untuk magang di Jerman

“Kita sudah lewati beberapa tahapan seleksi, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), Seleksi Mandiri, dan Seleksi Afirmasi dari Kementerian,” kata La Hamimu.

Dia menyebutkan sebanyak 8.842 mahasiswa baru tersebut terdiri atas mahasiswa baru jenjang D3 dan sarjana (S1) sebanyak 8.016 orang dan jenjang pascasarjana sebanyak 802 orang.

“Dari total 8.842 orang yang diterima di UHO itu jenis kelamin perempuan mendominasi dengan 61,5 persen, sedangkan laki-laki sebesar 38,5 persen,” kata La Hamimu.

Baca juga: Rektor bakal sosialisasikan KUHP nasional kepada civitas akademika UHO

Sementara itu, Rektor UHO Muhammad Zamrun Firihu dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi para mahasiswa baru tersebut.

Dia berharap para mahasiswa baru tersebut bisa menaati seluruh peraturan yang diterapkan di UHO, agar nantinya bisa melakukan kuliah dengan aman dan tentunya bisa menyelesaikan studi dan menyandang gelar sesuai dengan yang diharapkan sejak awal masuk perguruan tinggi.

“UHO ini merupakan institusi yang di dalamnya ada aturan, artinya saya selalu minta mereka bisa mempelajari dan memahami aturan tersebut,” katanya.

Baca juga: UHO Kendari jajal Jepang-Jerman untuk mahasiswa magang

Ribuan mahasiswa baru UHO tersebut diwajibkan untuk menghadiri upacara penyambutan menggunakan caping dengan warna sesuai kode fakultas atau program pascasarjana, kemeja putih, dan rok atau celana berwarna hitam, serta hijab berwarna hitam bagi yang menggunakan.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023