Hingga saat ini petugas gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman dari dari darat dan pemadaman di lokasi ini juga dilakukan melalui udara
Pekanbaru (ANTARA) - Petugas gabungan darat dan udara masih melakukan proses pendinginan setelah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Pancur Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Indragiri Hulu (Inhu).

"Hingga saat ini petugas gabungan masih berjibaku melakukan pemadaman dari dari darat dan pemadaman di lokasi ini juga dilakukan melalui udara dengan helikopter water bombing," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M. Edi Afrizal dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, petugas darat dan udara sedang melakukan pemadaman dan api sudah berhasil dikendalikan tapi masih belum pada total jadi petugas masih harus tetap melakukan penyiraman.

Baca juga: Dishut Sumbar deteksi lima titik api di Pesisir Selatan

Apalagi di lokasi lahan yang terbakar tersebut katanya merupakan lahan gambut sehingga pemadaman harus total, karena lahan gambut biasanya bara api tidak terlihat dari permukaan tanah.

"Meski secara kasat mata di atas lahan tidak terlihat ada api yang berkobar namun di bawah tanah bisa menyisakan bara api yang sewaktu-waktu dan bisa membesar jika api tidak padam total. Jika angin kencang api mudah membesar jadi meskipun sudah padam kalau asap masih ada proses pendinginan tetap dilakukan," katanya.

Ia menjelaskan, kondisi sama juga terjadi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) atau di Desa Batang Cenaku. Petugas juga masih melakukan pendinginan di lokasi tersebut.

Meski api sudah padam akan tetapi asap masih mengepul sehingga petugas masih tetap melakukan pendinginan sampai api betul-betul padam seluruhnya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya antisipasi dampak karhutla pada siswa

Forecaster on duty BMKG Pekanbaru Yasir Prayuna mengatakan prakiraan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur daerah setempat.
Hujan akan mulai mengguyur Riau pada sore dan dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau.

"Akan tetapi pada malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar. Kemudian, pada malam potensi yang sama juga terjadi di Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kota Pekanbaru dan Dumai," katanya.

Pada dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kota Pekanbaru.

"Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 °C dengan kelembapan udara 45 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke selatan-barat daya dengan kecepatan 10 – 30 Km/jam. Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," katanya.

Baca juga: BMKG nilai kualitas udara di Jambi menurun akibat karhutla
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023