"Kaget sih kaget. Tetapi, tidak harus kami sesali dan kita ratapi, karena kami tetap yakin dengan koalisi yang ada kami tetap kuat. Bahkan di Jatim, Insya Allah dengan koalisi yang ada, kami tetap kuat. Tentu kita dibantu oleh aktor-aktor kultural da
Pamekasan (ANTARA) - Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Mohammad Sarmuji mengaku terkejut dengan deklarasi Anis Baswedan yang memilih Muhaimin Iskandar sebagai Calon Wakil Presiden 2024, akan tetapi ia mengaku optimis Koalisi Indonesia Maju (KIM) tetap bakal menang di Pemilu Presiden (Pilpres)

"Kaget sih kaget. Tetapi, tidak harus kami sesali dan kita ratapi, karena kami tetap yakin dengan koalisi yang ada kami tetap kuat. Bahkan di Jatim, Insya Allah dengan koalisi yang ada, kami tetap kuat. Tentu kita dibantu oleh aktor-aktor kultural dan aktor-aktor struktural," katanya dalam keterangan pers kepada media, Senin malam, menanggapi deklarasi pasangan Amin (Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar).

Sarmuji yakin masih banyak para kiai yang tetap mendukung koalisi Prabowo meskipun Cak Imin bersama PKB keluar dari koalisi Indonesia Maju.

"Ada ungkapan dalam bahasa Arek Suroboyo. Gedang klutuk mateng sak cengkeh. Ditinggal Cak Imin sitok. Koncoku sik akeh (Pisang klutuk matang sebesar cengkeh. Ditinggal satu Cak Imin, Temanku masih banyak” katanya.

Menyinggung soal caleg Golkar dapil XI Madura Raya yang diperkenalkan kepada masyarakat pada acara peluncuran di Kabupaten Sampang pada 2 Agustus 2023, Sarmuji mengakui tetap optimistis bisa mempertahankan satu kursi di DPR RI dari wilayah Madura. Tentunya harapannya jika beruntung dengan komposisi caleg yang ada syukur-syukur dengan masing-masing caleg yang mampu membangun jaringan yang berbeda-beda, jika diakumulasikan akan membentuk jaringan partai yang besar bisa menambah kursi.

“Kami optimistis untuk mempertahankan satu kursi di DPR RI. Tetapi, kami masih meyakini mampu menambah kursi lagi jika para calon mampu menambah jaringan hingga suara partai lebih besar lagi. Demikian juga di DPRD Jatim. Bahkan, dengan komposisi di DPRD Kabupaten yang ada pun kami sangat yakin bisa meraih tambahan kursi para Pileg 2024 nanti,” tambahnya.

Karena di caleg kabupaten, pihaknya sudah mendapatkan presentasi yang baik tentang latar belakang masing-masing calon, baik di Bangkalan, Sampang, Sumenep maupun Pamekasan.

"Insya Allah komposisi calegnya lebih baik dari yang lalu. Minimal per dapil satu kursi di Kabupaten se-Madura Raya," katanya.

Adapun 210 caleg Dapil XI Madura yang dilepas untuk DPR-RI Xl yakni Akhmad Ma’ruf, Aliyono, S.Sos; MPd, Dr. Eric Hermawan , MT, MM; dr. Firdausyi, MKK; Imroatus Sholihah, SPd; Mudakir , SH, M.Pdi; Mahrus, SH; Syamsul Arifin S.Pd.

DPRD Provinsi Jatim 12 Caleg terdiri Muhammad Bin Mu’afi Zaini; Moch. Rasul Junaidi; Siti Zainab; Mohammad Fadjar Muttaqin, A.Ma.Ak; Melia Ratnasari SP; KH. Munif Haryono; Romli; Ainur Rizkiah; Hossatiuono Kamil; Rief Ainiyah; Sobirin dan Yusron.

Jumlah DPRD Kabupaten Bangkalan 50 Caleg, DPRD Kabupaten. Sampang 45 Caleg, DPRD Kabupaten Pamekasan 45Caleg, dan DPRD Kabupaten Sumenep 50 Caleg.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023