Makassar (ANTARA) - Sebanyak 41 mahasiswa dan enam dosen dari Malaysia mengikuti Makassar Academic and Cultural Heritage (MACCA) IV di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar untuk mempelajari kebudayaan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketua Panitia MACCA IV Unismuh Makassar Syafaat S Kuba di Makassar, Rabu, mengatakan puluhan mahasiswa dan dosen itu berasal dari empat universitas internasional, yakni UTM, UiTM, Universitas Malaysia Sabah, dan Universiti Malaya Kuala Lumpur.

Baca juga: Dosen Unismuh raih beasiswa nongelar Kemendikbudristek

Ia menjelaskan kegiatan kali ini akan berdurasi satu minggu secara luring mulai dari tanggal 7 hingga 14 September, dan akan berlanjut secara daring hingga Februari 2024.

Syafaat memaparkan selama sepekan di Makassar, rombongan akan mengikuti wisata budaya melalui outing day ke Bentwng Somba Opu dan Balla Lompoa Kabupaten Gowa, serta kunjungan ke Lapangan Syech Yusuf, Gowa.

Peserta selanjutnya akan mengunjungi tempat-tempat wisata seperti Leang-leang dan Kawasan UNESCO Geo-Park Rammang-Rammang, Maros-Pangkep, serta berinteraksi langsung dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta FISIP. Agenda hari kedua akan fokus pada Kuliah Umum di FT dan FEB.

Baca juga: Unismuh dan Pusat Halal Universitas Chulalongkorn Thailand teken MoU

Baca juga: Unismuh Makassar loloskan 11 proposal bisnis P2MW Kemendikbudristek


Puncak dari rangkaian ini adalah International General Lecture dengan tema Nutrition and Diet, yang akan disampaikan oleh narasumber Prof Dr Suryani Asád, Dr Rovina Kobun, dan Dr Siti Nur Hazwani Binti Oslan.

Sebelum rombongan berpisah, peserta akan diundang menikmati panorama Sunset Quay, mengunjungi Center Point Indonesia (CPI), dan Benteng Rotterdam. MACCA Season IV menegaskan bahwa kegiatan akademik dan budaya dapat berjalan seiring, menyeberangi batas dan berkolaborasi dalam harmoni internasional.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023