total yang terdaftar sampai hari ini ada 131 KK. Yang sudah menempati rusun 29 KK
Jakarta (ANTARA) - Tim Relokasi Penghuni Rusunawa Marunda menyebut sebanyak 131 kepala keluarga (KK) sudah pindah dari Blok C Rusunawa Marunda ke Rusunawa Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara berdasarkan data sementara per Kamis (7/9).

Ketua Tim Relokasi Rusunawa Marunda Salfar Ridwan mengatakan warga Rusunawa Marunda harus menandatangani Surat Perjanjian (SP) Sewa Menyewa Unit Hunian Rusunawa sebelum menerima kunci unit hunian barunya di Rusunawa Nagrak.

"Jadi total yang terdaftar sampai hari ini ada 131 KK. Yang sudah menempati rusun 29 KK," kata Ridwan kepada wartawan di Jakarta Utara, Kamis.

Sebelumnya, Sekretariat Jenderal (Sekjen) Forum Masyarakat Rusunawa Marunda (FMRM) Maulana kepada wartawan di Jakarta, Rabu, mengatakan warga yang sudah memindahkan barang namun belum menempati tempat relokasi baru 25 KK dari total 451 KK.

Penyebabnya karena sejumlah warga relokasi meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyesuaikan harga sewa di Rusunawa Nagrak  agar setara dengan tempat tinggal lama mereka.

"Mereka masih tetap meminta untuk harga disesuaikan seperti di Rusunawa Marunda tempat yang lama mereka tinggal," kata Maulana.

Maulana mengungkapkan harga sewa unit hunian bersubsidi di Rusunawa Marunda adalah Rp157 ribu dan umum Rp 300 ribu, namun di tempat yang baru Rusun Nagrak tarif sewa unitnya Rp765 ribu.

Senada, Ketua RT005/RW012 Marunda Saharudin berharap tarif sewa unit hunian di Rusunawa Nagrak nantinya bisa disesuaikan pemerintah dengan tarif di Rusunawa Marunda agar tidak membebani warga yang pindah setelah terkena musibah jatuhnya plang nama Blok C5 di Rusunawa Marunda.

"Saya memohon kepada Pj Gubernur DKI Jakarta, tolong pertimbangkan kemampuan kami," kata Maulana.

Perpindahan warga di Blok C5 Rusunawa Marunda ke Rusunawa Nagrak ditargetkan untuk akhir bulan September 2023 dengan total penghuni mencapai 93 KK.

Namun tidak hanya Blok C5 saja, seluruh penghuni Rusunawa Marunda di Blok C1 hingga C4 pun juga akan dipindah ke Rusunawa Nagrak.

Adapun jumlah penghuni Blok C1-C5 Rusunawa Marunda berjumlah 451 Kepala Keluarga.

Blok C1 ditargetkan untuk bulan Oktober, Blok C3 pada November, dan Blok C2 serta C4 pada Desember 2023.

Adapun kelengkapan administrasi relokasi unit hunian ke Rusunawa Nagrak, semua penghuni Blok C Rusunawa Marunda harus bersedia memenuhi kewajiban tersebut selambat-lambatnya tanggal 15 setiap bulan berjalan sampai dengan Desember 2023.
Baca juga: Ini permintaan eks warga Rusunawa Marunda agar bisa tempati Nagrak
Baca juga: Legislator minta DKI perhatikan akses sekolah eks warga Rusun Marunda
Baca juga: Legislator apresiasi DKI merelokasi warga Rusunawa Marunda ke Nagrak

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023