Washington, Amerika Serikat (ANTARA News) - Presiden AS Barack Obama dengan hangat memberikan ucapan selamat kepada Perdana Menteri Italia yang baru Enrico Letta dan berharap jalinan erat kerja sama antar-kedua negara, kata pernyataan Gedung Putih.

"Amerika Serikat dan Italia memiliki hubungan penting dan terus menguat --yang diantaranya dalam membangun nilai-nilai dan kesamaan komitmen untuk mempromosikan kedamaian, kebebasan dan kemakmuran baik regional maupun internasional, termasuk hubungan sekutu NATO," kata pernyataan itu.

Letto, seorang Demokrat Kristiani, dilantik di koalisi pemerintah pada sebuah seremonial yang ternoda akibat ulah seorang pengangguran yang mengeluarkan senjata dan menyerang penjaga istana kepresidenan serta melukai dua polisi.

Pernyataan dari Gedung Putih tidak secara khusus menyinggung insiden tersebut, begitu juga dengan ucapan selamat dari Menteri Luar Negeri John Kerry.

"Presiden ingin bekerja sama lebih erat dengan PM Letta dan Presiden (Giorgio) Napolitano sebagai dua negara yang mempromosikan kerja sama perdagangan, pekerjaan, dan pertumbuhan Atlantik dan tantangan yang semakin kompleks pada zaman sekarang ini," katanya.

Penerjemah: Indra Arief Pribadi

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013