Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik telah diwartakan ANTARA pada hari Jumat (8/9), mulai dari PM China Li Qiang memuji RI dalam mempromosikan kemakmuran kawasan hingga Partai Golkar menyebut belum ada pembahasan Ridwan Kamil menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Berikut berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. PM China puji RI berkontribusi signifikan dalam kemakmuran kawasan

Perdana Menteri (PM) China Li Qiang mengatakan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berhasil memimpin serangkaian pertemuan ASEAN degan mitra di Asia Timur dan telah memberikan kontribusi signifikan dalam mempromosikan kemakmuran dan pembangunan kawasan.

“Bapak Presiden baru saja berhasil memimpin serangkaian konferensi tingkat tinggi dengan Asia Timur di mana Indonesia telah memberikan kontribusi signifikan yang baru untuk mempromosikan kemakmuran dan pembangunan di kawasan,” kata PM Li Qiang dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Presiden Jokowi gelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel

Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menyambut kedatangan Presiden Yoon yang didampingi sang istri, Kim Keon Hee, di halaman Istana Kepresidenan Jakarta.

Selengkapnya di sini.

3. Presiden dan Ibu Negara tiba di New Delhi India

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di New Delhi India untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat malam, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden tiba di Air Force Station (AFS) Palam, New Delhi, Republik India, pada Jumat malam pukul 19.40 waktu setempat, usai menempuh penerbangan selama sekitar 6 jam.

Selengkapnya di sini.

4. Komisi II DPR kemungkinan panggil Bupati Tanah Laut soal penjegalan

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin mengatakan komisinya kemungkinan akan memanggil Bupati Tanah Laut Sukamta terkait penjegalan Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar untuk membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an di Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa (5/9).

"Tidak tertutup kemungkinan Komisi II akan memanggil Bupati Tanah Laut untuk menjelaskan tindakannya agar bupati/wali kota lainnya, apa pun partainya, tidak gegabah lagi dalam melakukan suatu tindakan di wilayahnya masing-masing," kata Yanuar dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Airlangga sebut belum ada pembahasan Ridwan Kamil jadi bakal cawapres

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan belum ada pembahasan terkait mantan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, Airlangga mengatakan Partai Golkar saat ini masih berkonsentrasi di Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang mengusung bakal (capres) Prabowo Subianto, bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023