... terlalu banyak penerbangan yang terbang pada rute sama dan harga tiket terlalu rendah... "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Garuda Indonesia menunda rencana membuka rute penerbangan Medan-Pekanbaru pulang pergi satu kali setiap hari, dari semula diumumkan mulai 1 Mei 2013. "Ditunda dulu karena ada yang harus diselesaikan oleh manajemen," kata Manajer Umum Garuda Indonesia Kantor Cabang Pekanbaru, Suyatno Rifat, di Pekanbaru, Selasa.

Dia menegaskan, rute penerbangan tersebut akan diterbangi pesawat terbang Bombardier CRJ 1000 Next Generation yang memiliki kapasitas 96 orang, terdiri 12 kursi kelas bisnis dan 84 kursi kelas ekonomi.

Pihaknya belum bisa memastikan kapan waktu pembukaan rute baru tersebut, karena masih harus menunggu pemberitahuan dari manajemen di kantor pusat di Jakarta.

"Belum tahu kapan bukanya, tapi tetap akan terbang. Dari pusat diundur dan alasan tepatnya belum ada. Tidak pada 1 Mei, bisa jadi tanggal 5 Mei atau 10 Mei dan 15 Mei," ucapnya.

Sebelumnya maskapai Sky Aviation resmi menutup rute penerbangan Medan-Pekanbaru pulang-pergi terhitung sejak 21 April karena tidak mampu bersaing secara bisnis dengan maskapai lain.

"Alasan kami menutup rute tersebut karena terlalu banyak penerbangan yang terbang pada rute sama dan harga tiket terlalu rendah," ujar Direktur Operasional Sky Aviation, Alamsyah Sinulingga.

Kini rute Medan-Pekanbaru telah dilayani empat maskapai penerbangan, yakni Sriwijaya Air, Lion Air, AirAsia Indonesia dan Mandala Airlines, masing-masing terbang satu kali setiap hari.

(M046/T007) 

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013