kami mengunjungi titik pemukiman warga yang sulit air
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi merespon cepat terhadap keluhan masyarakat Kota Jambi yang kekurangan air bersih akibat musim kemarau.

Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa, mengatakan dirinya sudah menginstruksikan Perumda Tirta Mayang Kota Jambi untuk mendistribusikan air bersih secara gratis kepada warga yang terdampak kekeringan.

Wali Kota Jambi juga langsung turun memantau dan memastikan penyaluran air bersih gratis tersebut kepada masyarakat di Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Paal Merah Kota Jambi.

Menurut Fasha, saat ini terdata ada 18 titik pemukiman masyarakat Kota Jambi yang mengalami kekurangan air bersih. Salah satunya di kawasan Kecamatan Paal Merah.

"Kami mengunjungi titik pemukiman warga yang sulit air. Di mana keseharian mereka menggunakan air sumur yang kini kondisinya kekeringan," katanya.

Baca juga: Polda Jambi salurkan 24 ribu liter air bersih ke desa di Muaro Jambi
Baca juga: PDAM Baru Jangkau 50 Persen Warga Kota Jambi


Fasha menerangkan operasi air bersih ini akan terus dilakukan Pemkot Jambi melalui Perumda Tirta Mayang yang dibantu dengan Mobil Damkar dan mobil tangki taman.

Sebab, kata dia, penyediaan air bersih sudah menjadi tanggung jawab Pemkot Jambi, sehingga ia menghimbau kepada warga untuk tidak cemas karena Pemkot Jambi menyediakan air bersih gratis.

Kepada masyarakat yang terdampak kekeringan sebut Fasha, bisa menyiapkan tempat penampungan air di satu titik pemukiman. Ini untuk memudahkan penyaluran, sehingga mobilisasi mobil tangki bisa lebih cepat.

Ia meminta masyarakat yang kesulitan air diharapkan melapor kepada ketua RT masing-masing untuk menghubungi PDAM Kota Jambi.

Dalam operasi air bersih ini sebut Fasha setidaknya ada 3 mobil tangki dari Perumda Tirta Mayang yang diturunkan, juga dibantu dengan mobil Damkar dan mobil tangki air taman.

Baca juga: BPBD Sukabumi intensifkan distribusi air bersih ke daerah kekeringan
Baca juga: Pemkab Bogor distribusi 970.000 liter air bersih ke daerah kekeringan
Baca juga: BPBD Probolinggo distribusikan air bersih ke sejumlah desa kekeringan

Pewarta: Tuyani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023