dua daerah tidak terjadi hujan dalam dua hari ke depan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara diprakirakan hanya cerah berawan
Balikpapan (ANTARA) - BMKG Stasiun Balikpapan memprakirakan delapan dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan ringan hingga hujan petir disertai angin kencang pada Rabu-Kamis (13-14/9), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain jalan licin, banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Rabu.

Prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar segera dilakukan mitigasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim hanya dua daerah yang tidak terjadi hujan dalam dua hari ke depan, yakni di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, keduanya diprakirakan hanya cerah berawan.

Sedangkan rincian daerah yang hujan antara lain Kabupaten Berau pada Rabu sekira pukul 17.00 dan 20.00 Wita diprakirakan hujan petir di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Segah, pada Rabu pukul 23.00 dan Kamis dini hari hujan ringan di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, dan Talisayan.

Di Kota Bontang, hujan ringan berpotensi terjadi pada Rabu sekira pukul 20.00 hingga Kamis sekira pukul 02.00 Wita di Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Kabupaten Kutai Barat, pada Rabu sekira pukul 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di dua kecamatan yakni Long Iram dan Linggang Bigung, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan.

Pukul 23.00 Wita, hujan ringan hingga hujan sedang berpotensi terjadi hampir semua kecamatan, kecuali Kecamatan Bongan. Pada Kamis dini hari hujan ringan di Kecamatan Sendawar, Damai, Long Iram, Melak, Barong Tongkok, Linggang Bigung, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, Tering.

"Kabupaten Mahakam Ulu, hujan ringan hingga hujan petir terjadi pada Rabu sekira pukul 17.00 dan 20.00 Wita di semua kecamatan, pukul 23.00 hujan ringan di Kecamatan Long Bagun, Laham, Long Hubung, hujan ringan pada Kamis dini hari di Kecamatan Laham dan Long Hubung," kata Carolina.
Baca juga: BMKG: Titik panas di Kaltim turun drastis dari 102 menjadi 4
Baca juga: BMKG: 10 daerah di Kaltim diprakirakan hujan pada Minggu-Senin 
Baca juga: BMKG: Sebagian besar Kaltim berpotensi hujan pada Kamis-Jumat ini

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023