Saat ini kami sedang berupaya mengendalikan dan memadamkan api di TPA Gunung Sadai
Belitung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berupaya mengendalikan kebakaran di Tempat Pembuangan Sampah (TPA) Gunung Sadai, Kabupaten Belitung, yang telah berlangsung 11 hari, agar api tidak menyebar ke kawasan pemukiman, lahan pertanian dan hutan.

"Saat ini kami sedang berupaya mengendalikan dan memadamkan api di TPA Gunung Sadai," kata BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di TPA Gunung Sadai Belitung, Kamis.

Untuk itu BPBD Provinsi Kepulauan Babel mengerahkan tim gabungan pemadaman kebakaran dan alat berat guna mengurai dan memberi pembatas sampah-sampah yang mudah terbakar di TPA tersebut.

"Saat ini sekitar satu hektare sampah di TPA ini masih mengeluarkan asap cukup tebal yang dapat mengganggu kesehatan warga di sekitar TPA ini," ujarnya.

Baca juga: BPBD Babel tangani kebakaran lahan seluas 806,31 hektare selama 2023

Ia menyatakan TPA Gunung Sadai Kabupaten Belitung dengan luas total delapan hektare ini mulai terbakar pada 4 September 2023 dan kebakaran diduga karena adanya gas dari dalam tanah dan terbakar akibat kondisi panas selama musim kemarau ini.

"Sudah 11 hari tim gabungan berjibaku memadamkan dan mengendalikan api ini agar tidak tidak menjalar dan membesar yang akan menimbulkan asap lebih parah lagi, yang akan mengganggu kesehatan masyarakat," katanya.

Menurut dia, jarak antara TPA Gunung Sadai dengan pemukiman warga cukup jauh atau sekitar 15 kilometer dari lokasi kebakaran tempat pembuangan sampah ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang ikut membantu memadamkan dan mengendalikan api di TPA ini," katanya.

Baca juga: BPBD Babel tangani kebakaran hutan seluas 100 hektare

Pewarta: Aprionis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023