Unpatti dan Kedubes AS membahas program, dan pengembangan American Corner Universitas Pattimura yang merupakan satu-satunya di antara perguruan tinggi di Indonesia timur.
Ambon (ANTARA) - Universitas Pattimura Ambon, Maluku dan Kedutaan Besar Amerika Serikat melakukan kerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan di kampus terbesar di Provinsi Maluku itu melalui American Corner.

"Unpatti menyambut baik kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat. Tentu menjadi kebahagian tersendiri bagi Universitas Pattimura karena ini merupakan kunjungan kerja untuk pertama kali yang dilakukan oleh utusan langsung Kedutaan besar Amerika," ujar Rektor Unpatti Prof. M. J. Saptenno di Ambon, Kamis.

Dalam kunjungan kerja sama tersebut Kedutaan Besar Amerika Serikat diwakili oleh Regional Public Engagement Specialist Mercy Carrel dan Deputy Cultural Affairs Officer Amerika Abraham yang didampingi oleh penanggung jawab American corner Unpatti Inggrit Tanasale.

Dalam kunjungan tersebut, Unpatti dan Kedubes AS membahas program, dan pengembangan American Corner Universitas Pattimura yang merupakan satu-satunya di antara perguruan tinggi di Indonesia timur.

“Tahun lalu Universitas Pattimura juga sudah menandatangani kerja sama dengan salah satu universitas di Amerika yaitu Rhode Island. Kerjasama ini juga sudah dilakukan dengan beberapa fakultas di Unpatti," kata Rektor Saptenno.

Rektor menjelaskan bahwa terdapat 23 ribu mahasiswa aktif di universitas kampus orang basudara ini (Brotherhood Campus) yang tersebar di sembilan fakultas dan satu program Pascasarjana di Universitas Pattimura.

Kesembilan fakultas tersebut yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Rektor berharap kerja sama dengan American Corner dapat diimplementasikan khususnya untuk mahasiswa dalam pengembangan kemampuan bahasa asing dengan kegiatan pertukaran mahasiswa atau beasiswa.
Baca juga: Unpatti-Universiti Teknologi Malaysia tingkatkan penelitian
Baca juga: Paduan Suara Unpatti sabet emas pada WCG Korsel 2023


Sementara itu Inggrit Tanasale, Ph.D selaku penanggungjawab American Corner Unpatti menjelaskan bahwa, American Corner merupakan program kerja sama antara Kedutaan Besar Amerika Serikat dengan Indonesia melalui beberapa universitas yang tersebar di seluruh Indonesia.

American Corner dibentuk sebagai wadah informasi berupa pendidikan, politik, budaya, dan hal lainnya mengenai Amerika Serikat. American Corner biasanya dipenuhi oleh buku-buku yang bisa dijadikan sumber untuk mengenal tentang Amerika Serikat dan beberapa acara seperti yang dibawakan oleh volunteer.

“Kedutaan Besar Amerika Serikat tentunya memberikan apresiasi dan menyambut baik seluruh kegiatan yang sudah dilakukan oleh American Corner Universitas Pattimura," katanya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini beberapa volunteer yang bekerja pada American Corner Unpatti merupakan lulusan non degree dan juga degree dari Amerika Serikat. Program lanjutan yang ingin dikembangan di tahun mendatang adalah di bidang perikanan dan masalah lingkungan dan berharap akan banyak dosen dari Unpatti yang dapat bergabung didalamnya.

Ia menambahkan, sudah ada sembilan universitas yang memiliki fasilitas American Corner di dalam lingkungan kampus. Kesembilan universitas tersebut adalah Universitas Andalas, UIN Syarif Hidayatulloh, Institut Teknologi Bandung, UIN Walisongo Semarang, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Tanjungpura, UNIVERSITAS PATTIMURA dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ia berharap pihak Universitas Pattimura dapat memberikan atensi yang lebih baik lagi untuk American Corner dalam memperlengkapi infrastruktur dan fasilitas.

"Yang terpenting adalah bagaimana kedepannya agar American Corner Universitas Pattimura dapat memiliki gedung tersendiri," ungkapnya.
Baca juga: Fakultas Perikanan Unpatti canangkan program berbasis ekonomi biru
Baca juga: Paduan Suara Hotumese Unpatti tampil pada 12th World Choir Games


 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023