Ini akan membantu petani lokal untuk mengadopsi praktik terbaik dalam penanaman dan pengelolaan sorgum
Jakarta (ANTARA) - PT Sang Hyang Seri anggota Holding BUMN Pangan ID FOOD menjalin kemitraan strategis dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) untuk mengembangkan dan menanam sorgum.

“Kami bersemangat untuk bekerja sama dengan BRIN dalam upaya memperkenalkan dan mengembangkan tanaman sorgum di Indonesia. Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan teknis dan sumber daya yang diperlukan untuk kesuksesan program ini,” kata Direktur Utama PT Sang Hyang Seri, Adhi Cahyono Nugroho dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Adhi menuturkan penanaman sorgum di Lahan Aset Lahan Sukamandi milik PT Sang Hyang Seri tersebut bertujuan untuk melakukan riset dan pengembangan untuk diversifikasi bahan baku pangan.

Melalui kemitraan tersebut didorong penanaman sorgum secara luas karena sorgum sebagai salah satu komoditas pangan memiliki potensi besar karena memiliki berbagai keunggulan.

Di antaranya toleransi terhadap cuaca ekstrem dan kebutuhan air khususnya ancaman El Nino yang memicu terjadinya kondisi kekeringan.

Baca juga: Panen raya petani di Jawa Barat meningkat 12,3 ton padi per-hektare

Baca juga: Dirut PT Sang Hyang Seri inspeksi produksi benih padi di Solo


Lebih lanjut ia mengatakan bahwa BRIN sebagai lembaga riset nasional akan berperan dalam menyediakan penelitian ilmiah, pemantauan dan pemetaan lokasi yang tepat untuk penanaman sorgum.

“Ini akan membantu petani lokal untuk mengadopsi praktik terbaik dalam penanaman dan pengelolaan sorgum,” ucapnya.

Penggunaan sorgum sebagai bahan baku pangan dapat mendiversifikasi pasokan pangan Indonesia, disebutnya akan mengurangi kerentanan terhadap perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan pangan dalam negeri.

 Selain itu, penanaman sorgum juga dapat menjadi peluang ekonomi baru bagi petani di berbagai wilayah Indonesia.

“Kemitraan ini adalah langkah perusahaan dalam mendukung Visi Indonesia untuk mencapai kemandirian pangan, memajukan sektor pertanian, dan meningkatkan kesejahteraan petani. PT Sang Hyang Seri dan BRIN berkomitmen untuk terus berkolaborasi dalam rangka mencapai tujuan ini,” tutur dia.

Baca juga: Bapanas dan Sang Hyang Seri membangun budi daya pertanian bibit unggul

Baca juga: NFA bersinergi kembangkan sorgum jaga stabilitas pangan saat El Nino


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023