Shalat Istisqa ini merupakan upaya kami, khususnya umat Muslim, di Kota Sukabumi dengan cara berdoa kepada Allah SWT  agar menurunkan hujan
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, Jawa Barat, bersama ribuan umat Muslim menggelar Shalat Istisqa atau shalat meminta hujan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) seiring kekeringan yang semakin meluas di kota itu. 

"Shalat Istisqa ini merupakan upaya kami, khususnya umat Muslim, di Kota Sukabumi dengan cara berdoa kepada Allah SWT  agar menurunkan hujan. Kegiatan keagamaan ini sesuai tuntunan Islam, untuk itu Pemkot Sukabumi bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi menggelar Shalat Istisqa yang juga diikuti oleh ribuan warga," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Jumat. 

Sebelum dilaksanakan Shalat Istisqa, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang berisi ajakan untuk melaksanakan shalat meminta hujan ini kepada seluruh umat Muslim yang ada di Kota Sukabumi.

Ternyata, lanjutnya, ajakan tersebut disambut baik sehingga Shalat Istisqa di Lapang Merdeka pada Jumat pagi dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kota Sukabumi.

Baca juga: Kemenag ajak umat Islam gelar Shalat Istisqa meminta hujan

Tidak hanya di Lapang Merdeka, kata dia, kegiatan serupa pun dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kota Sukabumi.

Shalat Istisqa merupakan ikhtiar yang dilakukan oleh seluruh Muslim dunia, tidak hanya di Kota Sukabumi, hampir seluruh daerah di Indonesia juga melaksanakan Shalat Istisqa dan doa bersama kepada Allah SWT untuk meminta segera diturunkan hujan.

"Hanya Allah SWT yang bisa menurunkan hujan, maka dari itu ikhtiar yang kami lakukan ini diharapkan bisa dikabulkan oleh Allah SWT dengan menurunkan hujan, khususnya di wilayah Kota Sukabumi," harapnya.

Di sisi lain Fahmi mengatakan kemarau panjang yang dipicu El Nino dampaknya sudah sangat dirasakan oleh mayoritas warga Kota Sukabumi, mulai dari kesulitan mendapatkan air bersih hingga ancaman gagal panen.

Baca juga: Ratusan warga Aceh Besar shalat minta hujan
Baca juga: Doa Istisqa digelar, hujan padamkan api Bulungan


Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023