Jepara (ANTARA) - Kepolisian Resor Jepara, Jawa Tengah, menggencarkan patroli di kawasan hutan dan lahan terutama di Petak 19 Suwadang, Dukuh Krasak, Desa Bangsri, Kabupaten Jepara, Jumat, untuk mencegah kebakaran.

"Patroli di daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan digencarkan oleh jajaran Polres Jepara demi mencegah terjadinya kebakaran," kata Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang memimpin langsung patroli hutan di Jepara, Jumat.

Menurut dia, upaya pencegahan menjadi fokus utama agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau saat ini.

Baca juga: Palangka Raya gencarkan patroli untuk cegah kebakaran hutan dan lahan

Selain itu, dia juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Jepara.

"Pada musim kemarau ini, kita sering menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan. Hal ini tidak hanya bisa merusak lingkungan dan hutan yang menjadi sumber kehidupan, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat serta dapat menimbulkan kerugian ekonomi yang besar," ujarnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran atau titik panas di sekitar agar segera berupaya memadamkan dan melaporkan kepada petugas terdekat.

Baca juga: Polres Mesuji lakukan patroli di kawasan hutan lindung Register 45

"Dengan demikian, kita dapat mengambil langkah cepat untuk memadamkan api dan mencegah penyebaran yang lebih luas," ujarnya.

Ia berharap kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga semakin meningkat. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang mudah terbakar yang tergeletak di sekitar rumah atau area hutan.

"Ajak keluarga, tetangga, dan teman-teman untuk bersama-sama ikut serta dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Beri mereka edukasi dan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi kebakaran hutan, patroli di kawasan tahura diintensifkan

Kasi Trantib Kecamatan Bangsri Endro Cahyono mengapresiasi patroli hutan yang digelar jajaran Polres Jepara untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Kami sangat apresiasi kegiatan Kapolres Jepara beserta jajaran yang melaksanakan patroli di hutan dan lahan untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan," ujarnya.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023