Jakarta (ANTARA) -
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin menyatakan bahwa petugas Suku Dinas Penaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat berhasil memadamkan kebakaran yang terjadi di Museum Nasional, Jakarta, pada Sabtu malam.

"Kebakaran terjadi di empat ruangan di Gedung A Museum Nasional dan pada pukul 22.00 WIB api sudah dinyatakan padam," kata Komaruddin ditemui di Museum Nasional.

Komaruddin menambahkan bahwa petugas mulai melakukan pendinginan sejak pukul 22.15 WIB. Berdasarkan pantauan di lokasi, hingga pukul 23.00 WIB akses sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat masih ditutup.

Komaruddin menyatakan Museum Nasional masih akan ditutup sampai waktu yang belum ditentukan, sementara pihaknya mempersiapkan 180 personel tambahan untuk pengamanan di sekitar lokasi kebakaran.
 
"Kita sudah persiapkan sebanyak 180 personel lagi, tetapi tadi sudah diterjunkan sekitar 70 personel, karena ini pengamanan aset negara yang diutamakan," ujar Komaruddin.
 
Ia juga menyampaikan, penyebab terjadinya api hingga saat ini masih didalami.
 
"Tahapannya setelah damkar menyatakan aman, akan kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut di tempat kejadian perkara," tuturnya.

Baca juga: Kebakaran di Museum Nasional, Gulkarmat terjunkan 32 personel
 
Sebelumnya, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat mengerahkan delapan unit mobil dan 32 personil untuk memadamkan kebakaran di Museum Nasional.
 
"Total pengerahan unit dan personil ada delapan unit dengan 32 personil," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Belakangan Sudin Gulkarmat Jakpus mengerahkan petugas tambahan untuk pemadaman kebarakan di Museum Nasional menjadi 52 petugas.
 
Asril Rizal juga memaparkan bahwa korsleting listrik menjadi pemicu kebakaran di Museum Nasional, tepatnya di Gedung Blok A yang menjadi ruang pameran koleksi museum.
 
"Korsleting listrik di belakang pameran museum diduga berasal dari area bedeng tukang yang sedang melaksanakan perbaikan gedung Blok C," ujar Asril.

Baca juga: Gulkarmat tambah personel padamkan kebakaran Museum Nasional
Baca juga: Kebakaran Museum Nasional diduga dari korsleting bedeng proyek

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023