kegiatan ini bagian dari pembangunan di Kota Surabaya
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan Duta Wisata Cak dan Ning memiliki peran penting mengenalkan seni, budaya serta pariwisata di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Maka dari itu, mari para pemuda pemudi berpartisipasi dalam pemilihan duta wisata Cak dan Ning Surabaya tahun 2023. Jadikan kegiatan ini bagian dari pembangunan di Kota Surabaya," ujar Wali Kota Eri dalam keterangannya di Surabaya, Minggu.
'
Menurutnya, pada tahun ini pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya mengusung tema "Kedigdayaan Arek Suroboyo". Tema tersebut melambangkan ciri khas arek Suroboyo yang memiliki jiwa kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif, dan inovatif.

Ia berharap pemuda-pemudi yang memiliki semangat ini bisa berkontribusi lebih bagi Kota Surabaya. Bukan hanya di sektor budaya dan pariwisata, akan tetapi juga berkontribusi di bidang pembangunan Kota Surabaya.

Wali Kota Eri berharap, dengan adanya pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya kali ini bisa memberikan manfaat baik bagi pemuda pemudi Kota Surabaya ke depannya.

Baca juga: "Cak" dan "Ning' Surabaya jangan hanya bergerak di bidang wisata
Baca juga: Pemkot buka pendaftaran Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2022


Ketua Umum Paguyuban Cak dan Ning Surabaya Sereza Buana Febrian menyampaikan, pemilihan dan pendaftaran Cak dan Ning Surabaya 2023 telah dibuka melalui roadshow pertama yang digelar di Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (16/9). Sereza menargetkan, tahun depan lebih banyak pemuda pemudi yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

"Kami berharap dapat menjaring generasi muda Surabaya secara lebih luas secara merata di seluruh bagian Kota Surabaya. Selain mengajak berpartisipasi menjadi bagian dari keluarga besar Cak dan Ning Surabaya, diharapkan bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia," ujar Sereza.

Sereza menyebutkan, berbagai agenda dan materi terbaik akan disiapkan dalam pemilihan Cak dan Ning kali ini. Bekal itu nantinya diharapkan bisa memberikan performa serta output yang maksimal bagi calon Duta Wisata Cak dan Ning. Tak hanya dalam masa pemilihan materi itu diberikan, akan tetapi juga pada saat masa jabatan hingga seterusnya.

Rangkaian kegiatan roadshow ini berjalan beriringan dengan pengisian form pengembalian serta verifikasi berkas pendaftaran yang akan dimulai pada 16 September – 26 Oktober 2023. Rangkaian PCNS 2023 akan berakhir di Grand Final yang akan diselenggarakan pada 18 November 2023 mendatang.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, persyaratan pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning minimal usia 18 tahun dan maksimal 24 tahun terhitung mulai tanggal 3 November 2023 serta wajib ber-KTP Surabaya.

Peserta juga harus memenuhi persyaratan lain diantaranya, sehat jasmani rohani, belum pernah menikah, tidak sedang mengikuti pemilihan duta kampus atau duta lainnya, dan yang paling penting belum pernah mengikuti ajang pemilihan duta wisata di daerah lain.

"Untuk detail dan syarat administratif lainnya dapat diakses melalui laman resmi Pemkot Surabaya, tourism.surabaya.go.id dan akun sosial media resmi atau instagram Cak dan Ning Surabaya," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota: Taman Surya jadi pilihan wisata keluarga di Surabaya
Baca juga: Peserta Surabaya Cross Culture kunjungi destinasi wisata heritage
Baca juga: Festival Peneleh promosikan Kampung Wisata Sejarah di Surabaya

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023