Setelah saya dan istri saya menghabiskan beberapa hari mendengarkan, refleksi pribadi
Jakarta (ANTARA) - Aktor Ashton Kutcher mengundurkan diri sebagai ketua dewan organisasi anti-pelecehan seksual terhadap anak yang ia dirikan, setelah kasus surat pembelaan ia dan istrinya Mila Kunis terhadap terpidana pemerkosa, Danny Masterson.

Kutcher dan Kunis sebelumnya menulis surat kepada pengadilan untuk meminta keringanan hukuman bagi sahabatnya, yang juga mantan rekan main mereka di “That '70s Show” itu.

Dalam sebuah pernyataan, Kutcher mengundurkan diri pada hari Kamis (14/9), dari dewan Thorn, sebuah organisasi yang ia dirikan bersama mantan istrinya Demi Moore pada tahun 2009.

Baca juga: Ashton Kutcher dan Kunis dukung Masterson sebelum vonis pengadilan

“Setelah saya dan istri saya menghabiskan beberapa hari mendengarkan, refleksi pribadi, pembelajaran, dan percakapan dengan para penyintas dan karyawan serta pimpinan di Thorn, saya telah memutuskan bahwa tanggung jawab yang harus saya lakukan adalah mengundurkan diri sebagai Ketua Dewan, secara efektif segera ” tulis Kutcher dalam suratnya kepada dewan.

“Saya tidak bisa membiarkan kesalahan penilaian saya mengganggu upaya kami dan anak-anak yang kami layani,” tambahnya.

Pengadilan Los Angeles, Amerika Serikat menghukum Masterson 30 tahun penjara seumur hidup pada 7 September. Aktor tersebut dinyatakan bersalah pada bulan Mei karena memperkosa dua wanita pada tahun 2003, ketika dia membintangi sitkom retro Fox “That '70s Show" bersama Kutcher dan Kunis.

Sehari setelah penjatuhan hukuman, surat dari Kutcher, Kunis dan banyak lainnya kepada hakim dipublikasikan. Kutcher menyebut Masterson sebagai pria yang menurut pengalamannya telah memperlakukan orang dengan sopan, setara, dan murah hati, hingga tidak mungkin memberi kerugian secara terus-menerus.

Kutcher dan Kunis meminta maaf keesokan harinya melalui video yang mereka unggah di akun Instagram karena menulis surat-surat tersebut.

“Surat itu dimaksudkan agar hakim membacanya, tidak bermaksud meremehkan kesaksian para korban atau membuat mereka kembali trauma dengan cara apa pun,” ujar Kutcher pada video tersebut.

Dilansir Abc News, Sabtu (16/9), Kutcher mengatakan dalam surat pengunduran dirinya, bahwa dia menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada semua korban kekerasan seksual dan semua orang di Thorn yang tersakiti atas perbuatannya.

Baca juga: Ashton Kutcher dan Mila Kunis minta maaf telah bela pelaku asusila

Baca juga: Ashton Kutcher dan Kunis dukung Masterson sebelum vonis pengadilan

Baca juga: Ukraina berterima kasih atas donasi dari Mila Kunis & Ashton Kutcher


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023