Jakarta (ANTARA) - Anak Perusahaan BUMN Pertamina yang berbisnis di bidang pengelolaan properti Patra Jasa berkolaborasi dengan startup akomodasi berbasis teknologi Bobobox untuk mengembangkan potensi pariwisata premium di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

Kolaborasi tersebut dituangkan dalam penandatanganan perjanjian kerja sama antara keduanya tentang pembukaan lokasi terbaru Bobocabin Patra Parapat. Bobocabin Patra Parapat akan dibangun di atas lahan milik Patra Jasa dan ditargetkan mulai beroperasi di akhir 2023.

"Sesuai komitmen Perusahaan melakukan sinergi dengan partner strategis, Patra Jasa terus berupaya meningkatkan kinerja, nilai tambah serta optimalisasi produktivitas aset. Kami sangat optimis kolaborasi ini dapat meningkatkan potensi wisatawan, khususnya di area Parapat," ujar Direktur Utama PT Patra Jasa Putut Ariwibowo dalam rilis pers yang diterima, Senin.

Baca juga: Patra Jasa raih dua penghargaan pada ajang Anugerah BUMN 2022

Melalui kolaborasi yang diresmikan di Patra Jasa Office Tower, Jakarta, Bobobox dan Patra Jasa berkomitmen untuk menyediakan opsi akomodasi yang unik, berkualitas, dan didukung oleh teknologi modern di tengah pesona alam Danau Toba.

Patra Jasa berperan memfasilitasi ketersediaan lahan dan infrastruktur dasar, sedangkan Bobobox bertanggung jawab atas pembangunan lahan dan operasional akomodasi secara umum.

Lokasi terbaru Bobocabin kali ini terletak di tengah pemandangan alam perbukitan yang indah di tepian Danau Toba. Bobocabin Patra Parapat akan dibangun di lokasi yang terintegrasi dengan Patra Parapat Hotel, memungkinkan konsumen untuk mendapatkan akses unik dan eksklusif selama menginap.

Bobocabin terbaru ini juga akan menghadirkan 20 cabin dengan tipe Deluxe dan Executive serta menyuguhkan akses langsung menuju danau dan fasilitas rekreasi ekslusif bagi tamu.

Direktur Hospitality and Multi Services PT Patra Jasa Ray S. M. Daulay mengatakan pengintegrasian Bobocabin dengan Patra Parapat Hotel ini dapat membuka potensi kerja sama yang lebih luas, seperti penggunaan fasilitas, pemasaran, atau paket wisata gabungan yang semakin menarik bagi masyarakat.

Saat ini Patra Parapat Hotel memiliki fasilitas kamar dan ruang meeting yang langsung menghadap Danau Toba, serta kapal yang dapat membawa wisatawan mengunjungi area wisata di sekitar Danau Toba.

"Kami yakin kolaborasi ini dapat meningkatkan daya tarik dan nilai jual destinasi wisata Patra Parapat secara keseluruhan," ucap dia.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Patra Jasa Evalina Sitepu menjabarkan alasan dibalik pemilihan Bobobox sebagai partner strategis dalam pengelolaan aset yang berpotensi wisata ini dipengaruhi oleh beberapa aspek, seperti inovasi dan desain modular Bobocabin.

Pengalaman Bobobox dalam mengelola dan mempromosikan destinasi wisata lokal selama enam tahun terakhir dinilai terbukti mampu meningkatkan jumlah pelancong di sejumlah area.

“Proses kerja sama yang transparan dan konstruksi lokasi yang cepat didukung dengan teknologi inovatif juga menjadi salah satu alasan kami memilih Bobobox untuk membangun Bobocabin bersama kami di Parapat," kata Evalina.

Dia juga menambahkan bahwa Bobobox merupakan salah satu perusahaan startup yang berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam upaya peningkatan sektor pariwisata domestik.

Co-Founder dan CEO Bobobox Indra Gunawan mengatakan pihaknya sangat bersyukur dapat memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan Patra Jasa.

Hal ini dinilainya sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menyediakan akses akomodasi di lokasi destinasi super prioritas (DSP) yang bertaraf internasional.

“Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kedua Perusahaan dalam mendukung pemerintah sebagai motor penggerak sektor wisata Tanah Air. Kami fokus untuk terus menghadirkan akomodasi berkualitas yang mampu menggenjot industri pariwisata dan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar," pungkas Indra.

Bobobox kini telah hadir di 12 titik lokasi turisme premium Indonesia. Hadirnya Bobocabin Patra Parapat nantinya akan menambah lokasi Bobocabin di Sumatera Utara setelah sempat meluncurkan Bobocabin Signature Toba di tahun 2021 lalu.

Baca juga: Pengelola Patra Bali perkenalkan pariwisata Indonesia ke turis Eropa

Baca juga: HIG dan Patra Jasa kerja sama kelola The Patra Bali Resort & Villas

Baca juga: Hotel Indonesia Group-Patra Jasa kerja sama kelola Patra Bali

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023