Dinkes, rumah sakit hingga puskesmas ketika ada warga Biak Numfor membutuhkan layanan cepat tanggap darurat kesehatan bisa menghubungi layanan PSC 119
Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyediakan pelayanan cepat tanggap darurat kesehatan bagi masyarakat di wilayah setempat melalui program Public Safety Center 119 (PSC).

"Dinkes, rumah sakit hingga puskesmas ketika ada warga Biak Numfor membutuhkan layanan cepat tanggap darurat kesehatan bisa menghubungi layanan PSC 119," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Daud Nathaniel Duwiri menanggapi layanan PSC 119 di Biak, Senin.

Baca juga: Dokter: Masyarakat tak perlu cemas jika tak kunjung dapatkan hasil SHK

Duwiri menyebut, program layanan publik PSC 119 disediakan jajaran Kementerian Kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

Diakuinya, layanan cepat tanggap darurat kesehatan PSC 119 merupakan program pemerintah yang sudah berlaku di lingkup dinas kesehatan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Untuk RSUD dan Dinkes Biak, lanjut dia, program layanan publik PSC 119 hingga saat ini masih berjalan dengan lancar dalam rangka meningkatkan kualitas kebutuhan kesehatan warga Biak Numfor.

Baca juga: Dokter: Semua bayi bisa mengalami hipotiroid kongenital

"Adanya layanan program tanggap darurat kesehatan dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan layanan cepat, tanggap darurat kesehatan," katanya.

Tujuan adanya pelayanan PSC 119, lanjut dia, untuk mencegah kematian pada pasien gawat darurat.

Sedangkan fungsi PSC, menurut Duwiri, memberikan pelayanan korban atau pasien gawat darurat serta membantu mengevakuasi korban gawat darurat.

Melalui layanan cepat tanggap kesehatan, lanjut dia, dapat dengan segera dan cepat memberikan fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit, puskesmas dan klinik.

"Layanan PSC 119 dalam melayani kebutuhan pengobatan pasien gawat darurat yang membutuhkan perawatan lanjutan di rumah sakit," sebut Duwiri.

Baca juga: Wamenkes tekankan pentingnya ciptakan layanan kesehatan berkualitas

Pewarta: Muhsidin
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023