Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengajak masyarakat untuk membuat pupuk kompos dari sampah organik yang ada di rumah tangga.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta ajakan tersebut disampaikan Ibu Negara saat melakukan pembuatan kompos bersama sejumlah perwakilan PKK, Dekranasda, dan aktivis lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Mari kita mulai mengompos sampah di rumah masing-masing, siap Ibu?" ajak Iriana sebelum memulai pembuatan kompos bersama yang dilakukan di Halaman Gedung Seni Sono, Kawasan Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Selasa.

Iriana menyebut bahwa pembuatan pupuk kompos merupakan kegiatan yang penting dilakukan. Hal tersebut merupakan bagian dari penerapan gaya hidup minim sampah.

Baca juga: Ibu Negara ajak pelajar Yogyakarta main permainan tradisional
Baca juga: Ibu Negara buka Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023


"Sebagai bagian dari membangun gaya hidup minim sampah dan supaya Indonesia tetap bersih dan cantik-cantik seperti ibu-ibu semuanya,” ucap Iriana.

Dalam kesempatan itu, Iriana sempat menyampaikan sejumlah pertanyaan kepada ibu-ibu yang ikut dalam pembuatan kompos. Iriana bertanya terkait jenis sampah di rumah yang dapat dijadikan kompos.

“Sebutkan macam-macam sampah di rumah yang dapat dikomposkan?” tanya Iriana dengan disambut antusias ibu-ibu yang ingin menjawab pertanyaan tersebut.

“Ya, sayuran, buah-buahan, dan sisa makanan yang sudah dicuci,” ucap Iriana mendiktekan kembali jawaban dari ibu-ibu.

Sebelumnya, Iriana beserta para anggota OASE KIM turut melakukan penanaman pohon kepel atau stelechocarpus burahol di Taman Gedung Seni Sono. Tidak hanya melakukan penanaman pohon, Iriana beserta OASE KIM juga menyerahkan 1.000 bibit pohon mangga untuk wilayah DIY.

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023