Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa penting dan menarik menghiasi dinamika DKI Jakarta pada Selasa (19/9) kemarin terkait upaya pengendalian harga bahan pokok di pasar hingga seputar peristiwa kebakaran Museum Nasional yang kini berada di ranah Kepolisian. 

Berikut rangkuman dan tautan berita kemarin untuk menemani aktivitas pembaca ANTARA pada pagi ini:

Pemprov DKI optimalkan Gerakan Pangan Murah atasi kenaikan harga beras

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengoptimalkan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk mengatasi kenaikan harga beras.

"Pemprov DKI melakukan Gerakan Pangan Murah melalui beberapa program, baik dilakukan oleh BUMD pangan DKI Jakarta maupun kerja sama dengan pemangku kepentingan lainnya," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati kepada ANTARA di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

Pedagang dan pembeli berharap harga ayam potong segera turun

Sejumlah pedagang dan pembeli di Pasar Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, berharap harga ayam potong segera turun karena tingginya harga berimbas terhadap menurunnya daya beli masyarakat.

Salah satu pedagang ayam, Rohmah di Pasar Ciracas, Selasa, mengatakan, kenaikan harga ayam per ekor berkisar Rp5.000 hingga Rp10.000.

"Biasanya harga ayam yang kecil Rp28.000, namun saat ini mencapai Rp 35.000 per ekor. Begitu pun, harga ayam ukuran sedang dari Rp45.000 menjadi Rp50.000 per ekor," ujarnya.

Baca selengkapnya

DKI tambah 23 taman baru hingga akhir tahun

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta menambah 23 taman baru dengan total luas 6,7 hektare hingga akhir tahun 2023 sebagai komitmen menambah ruang terbuka hijau atau RTH.

"Tahun ini kita bangun 23 taman dengan total luasnya sekitar enam hektare, tersebar di beberapa wilayah Jakarta Timur, Utara, Barat, dan Selatan," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara usai meresmikan Waste to Energy (WTE) dan Learning Center di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa.

Baca selengkapnya

Ancol hijaukan kawasan Kelapa Gading dengan ratusan pohon

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk melakukan penghijauan kawasan di Jakarta Utara dengan penanaman 112 pohon Tecoma Stan dan 50 Tabebuya setinggi 2-3 meter di jalur pedestrian Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading.

Sekretaris Kota Jakarta Utara Abdul Khalit di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa, mengatakan, aksi tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) dari BUMD tersebut telah menambah jumlah pohon baru yang ditanam di Jakarta Utara menjadi 35.148.

Baca selengkapnya

Legislator minta pemerintah usut penyebab kebakaran Museum Nasional

Anggota DPRD DKI Jakarta Justin Adrian Untayana meminta pemerintah bersama Kepolisian mengusut penyebab kebakaran Museum Nasional yang terjadi pada Sabtu (16/9) malam.

"Kebakaran itu harus diusut bilamana terjadi karena kelalaian, maka pimpinan manajemen dan seluruh petugas terkait museum itu harus bertanggung jawab secara hukum," kata Justin saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023