Temuan Penting:

  Tokyo Haneda (HND) naik 20 peringkat dari tahun 2019 ke peringkat ke-2 di antara Megahub Asia Pasifik.
  Kuala Lumpur (KUL) dan Incheon International (ICN) masing-masing berada di peringkat ke-1 dan ke-2 di antara 25 Megahub Teratas yang Berbiaya Rendah.
  AirAsia dan All Nippon Airways mendominasi pangsa penerbangan sebagai dua bandara terbesar di Asia Pasifik.

Singapura--(ANTARA/Business Wire)-- OAG adalah platform data terkemuka di dunia untuk industri pariwisata global. Hari ini OAG merilis Megahubs 2023, yaitu peringkat yang menentukan di pasar dan berisi daftar 50 Teratas kategori bandara paling terhubung di dunia untuk penerbangan internasional.

Global Top 20 Megahubs mencakup tujuh bandara di Asia Pasifik. Bandara paling terhubung adalah Kuala Lumpur (KUL) yang melesat ke peringkat ke-4 dari luar 10 Besar pada tahun 2019, diikuti oleh Haneda (HND) Tokyo di peringkat ke-5.

Lima dari Top 10 Megahub di Asia Pasifik terletak di Asia Tenggara, termasuk Incheon International (ICN) di peringkat ke-3, Bangkok International (BKK) di peringkat ke-4, dan Singapore Changi (SIN) di peringkat ke-5. AirAsia mengoperasikan 34% penerbangan di bandara pengumpul (hub) teratas di kawasan ini, yakni Kuala Lumpur (KUL).

Di antara Top 25 Megahub Berbiaya Rendah, Asia Pasifik mendominasi peringkat ini dengan 13 bandara. Asia Selatan memiliki pangsa kapasitas tertinggi yang dioperasikan oleh LCC dibandingkan kawasan mana pun, yaitu sebesar 63%, diikuti oleh Asia Tenggara sebesar 53%. Kuala Lumpur (KUL) menempati peringkat ke-1 dengan 11.188 kemungkinan koneksi berbiaya rendah ke lebih dari 100 destinasi.

“Munculnya kembali bandara di Asia Pasifik mencerminkan posisi penting sebagai bandara pengumpul beberapa rute tersibuk di dunia, misalnya koridor udara antara Fukuoka dan Tokyo Haneda yang menjadi rute tersibuk ketiga di dunia,” kata Mayur Patel, Head of Asia Pacific, OAG. “Kebangkitan luar biasa dari bandara-bandara ini membuktikan pentingnya letak strategis kawasan Asia Pasifik.”

Untuk wawasan lebih lanjut dan metodologi lengkap, lihat analisisnya di sini.

Tentang OAG
OAG adalah platform data terdepan bagi industri perjalanan global, yang mendorong pertumbuhan dan inovasi ekosistem perjalanan udara sejak tahun 1929. OAG memiliki jaringan informasi penerbangan terbesar di dunia, yang mencakup seluruh perjalanan mulai dari perencanaan hingga pengalaman pelanggan. Pelanggan kami meliputi maskapai penerbangan, bandara, perusahaan teknologi perjalanan, penyedia layanan penerbangan, lembaga pemerintah, lembaga keuangan, dan konsultan. OAG berkantor pusat di Inggris dan beroperasi di A.S., Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Lituania. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi: www.oag.com dan ikuti kami di Twitter @OAG Aviation.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Chrissy Azevedo, Corporate Ink for OAG

Sumber: OAG

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023