London (ANTARA News) - Phil Neville, Roberto Martinez dan Neil Lennon masuk bursa manajer anyar Everton setelah David Moyes ditunjuk sebagai nakhoda Manchester United (MU).

Moyes menggantikan Alex Ferguson yang telah menyatakan pensiun dari MU. Moyes dikontrak selama enam tahun dan diharapkan mulai bekerja 1 Juli di kubu MU, sebagaimana dikutip dari situs The Sun.

Neville disebut-sebut sebagai kandidat kuat menggantikan Moyes di Goodison Park. Pilihan kepada Neville dapat disebut sebagai perjudian karena ia tidak memiliki pengalaman sebagai manajer, meski ia memang paham betul dengan kultur yang tumbuh berkembang di Everton.

Kalau saja pilihan jatuh kepada Neville yang kini berusia 36 tahun, maka Everton tidak perlu merogok koceh untuk membayar kompensasi, meski pada akhirnya ia dapat saja mengikuti Moyes ke Old Trafford.

Sementara pelatih asal Spanyol Martinez banyak menuai pujian dengan hasil kerjanya di Wigan manakala mengarungi Liga Inggris (Premier League) dan mampu membawa klub asuhannya itu mencapai final Piala FA, meski akhirnya belum memperoleh hasil maksimal.

Martinez dengan kras memang telah menolak rumor itu. Dan pelatih Swansea Michael Laudrup juga dikait-kaitkan dengan kursi panas di Everton itu.

Agen Bayran Tutumlu menegaskan, "Michael sangat senang di Swansea. Ia tidak akan berganti klub dan senang menjalani hidup di Swansea. Ia sangat betah berada di sana."

Pilihan kini kemudian terarah kepada bos Celtic, Neil Lennon.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013