Saya kira pelaku UMKM di Jakarta Timur sudah sangat baik
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan "Jumat Beli Lokal" untuk meningkatkan daya saing produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

"Jumat Beli Lokal" yang dilaksanakan selama empat hari, yakni Jumat hingga Senin (25/9) itu diikuti UMKM binaan Jakarta Entrepreneur
(Jakpreuner).

"Tujuan 'Jumat Beli Lokal' sebagai cara meningkatkan usaha para pelaku UMKM di Jakarta Timur agar naik kelas," kata Wakil Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim) Iin Mutmainah saat menghadiri kegiatan itu.

Peningkatan daya saing UMKM di Jaktim dilakukan dengan memberikan fasilitas dan menyampaikan cara memasarkan produk unggulan para UMKM ke tingkat lebih luas.

Baca juga: Jakarta Timur gelar bimtek bagi pelaku usaha ekonomi kreatif

Menurut dia, produk yang dipasarkan juga sangat baik dengan kemasan yang tak kalah menarik pembeli. Untuk rasa, Iin memuji rasa produk-produk yang dipasarkan para pelaku UMKM.

"Produknya sangat baik, bagus, keren, baik dari kemasan, rasanya juga enak dan banyak produk baru," katanya.

Dia merasakan keripik beras kencur cukup menarik untuk dicoba. "Saya kira pelaku UMKM di Jakarta Timur sudah sangat baik," ujarnya.

Iin berharap para pelaku UMKM di Jakarta Timur yang tergabung dalam binaan Jakpreuner harus terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk unggulannya.

Dia pun meminta dukungan warga Jakarta Timur termasuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) atau karyawan lainnya untuk ikut mendukung para pelaku UMKM dengan cara membeli produknya.

"Kami selaku pemerintah mendukung kegiatan seperti ini dan tujuh suku dinas pengampu tergabung dalam Jakpreuner terus melakukan kegiatan yang bermanfaat dan pelatihan yang berkualitas untuk UMKM Jakarta Timur menjadi lebih baik," kata Iin.

Baca juga: Pemkot Jaktim sebut tiap tahun jumlah pelaku UMKM bertambah 12 ribu

Aktor Yama Carlos mengaku produk-produk UMKM Jakarta Timur sudah sangat bagus dengan kemasan menarik.

"Saya melihat para pelaku UMKM sudah sangat bagus dan berkembang, terlihat dari kemasannya menarik, aman dan terjamin kesehatannya," katanya.

Dia berpesan kepada warga agar jangan ragu untuk membeli produk UMKM dari Jakpreuner Jakarta Timur. "Dengan kita membeli serta mendukung UMKM Jakarta Timur, perekonomian akan meningkat dan UMKM bisa semakin berkembang," kata Yama.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023