Havana (ANTARA) - Seorang pakar asal Kuba mengatakan bahwa Inisiatif Pembangunan Global (Global Development Initiative/GDI) yang diusulkan China bersifat penting dan tepat waktu di saat dunia tengah menghadapi berbagai tantangan berat.

"Inisiatif ini akan berkontribusi pada kemajuan umat manusia," kata Eduardo Regalado, seorang peneliti senior di Pusat Penelitian Kebijakan Internasional Kuba dalam sebuah sesi wawancara dengan Xinhua baru-baru ini.

Pada September 2021, China mengusulkan GDI dalam Debat Umum sesi ke-76 Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyodorkan barang publik penting lainnya kepada komunitas internasional.

Seraya mengungkapkan bahwa "pembangunan merupakan hal yang sangat penting bagi sebagian besar negara," Regalado mengatakan bahwa GDI, dengan filosofinya yang berorientasi pada masyarakat, "dapat membuka jalan bagi pembangunan serta berkontribusi dalam mewujudkan perdamaian global."

Secara khusus, inisiatif tersebut akan sangat bermanfaat bagi kemakmuran negara-negara berkembang, tuturnya.

Guna mengimplementasikan GDI secara efektif, China memberikan prioritas pada kebutuhan mendesak negara-negara berkembang, mengusulkan berbagai langkah praktis untuk memberdayakan negara-negara berkembang di bidang-bidang strategis, termasuk pengentasan kemiskinan, ketahanan pangan, industrialisasi, serta konektivitas.
 
   Foto yang diabadikan pada 20 September 2023 ini memperlihatkan seorang pramugari kereta berdiri di samping kereta tujuan Mombasa di Stasiun Terminus Nairobi yang dibangun China melalui proyek Kereta Api Standar Mombasa-Nairobi (SGR) di Nairobi, Kenya. (Xinhua/Han Xu)

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh pemerintah China pada Juni, hanya dalam satu tahun terakhir, China telah mendirikan lebih dari 100 proyek untuk mempromosikan GDI, memberikan manfaat bagi hampir 40 negara berkembang.

Selain itu, China juga telah mendirikan 1.000 proyek pengembangan kapasitas dan menyediakan 20.000 kesempatan pelatihan di negara-negara terkait.

GDI akan meningkatkan kerja sama internasional, solidaritas, dan multilateralisme, serta membantu mengintensifkan keterlibatan dunia dalam agenda-agenda pembangunan negara-negara berkembang, kata Regalado.

"Saya sangat yakin bahwa GDI usulan China akan menempatkan urusan pembangunan sebagai inti dari diskusi di antara organisasi-organisasi multilateral," ungkapnya

Inisiatif tersebut juga menaruh perhatian besar pada inovasi, yang di dalamnya China telah membuat banyak pencapaian penting selama beberapa dekade terakhir, ujar pakar itu.

Selain itu, dia menambahkan, penekanan GDI pada keselarasan antara manusia dan alam juga sangat penting dalam mendukung keberlanjutan di seluruh dunia.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023