Jakarta (ANTARA) - Gol larut dari Ciro Alves pada waktu tambahan babak kedua mengantarkan Persib Bandung mengalahkan Bhayangkara FC dengan skor 2-1 pada pekan ke-13 Liga 1 Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Sabtu.

Selain gol dari Ciro, Persib Bandung sempat unggul lebih dulu melalui sundulan David Da Silva, namun kemudian disamakan oleh tendangan Matias Mier, demikian catatan Liga Indonesia.

Hasil tersebut membuat Persib Bandung naik ke peringkat lima klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan 21 poin dari 13 pertandingan, sedangkan Bhayangkara FC masih menghuni posisi juru kunci dengan torehan enam poin.

Secara statistik Persib Bandung mendominasi dengan mencatatkan 54 persen penguasaan bola dan melepaskan 32 tendangan, yang 10 di antaranya tepat sasaran.

Pada babak pertama Persib Bandung mengambil inisiatif menyerang dan sempat memberikan ancaman melalui upaya yang dilakukan oleh Da Silva serta Frets Butuan, namun masih dapat diamankan kiper Bhayangkara FC Awan Setho Raharjo.

Baca juga: Persib Bandung diminta waspadai kejutan pemain muda Bhayangkara FC

Bhayangkara FC berbalik memberikan ancaman melalui sundulan Matias, akan tetapi bola masih belum menemui sasaran.

Persib Bandung sukses memecah kebuntuan setelah umpan silang Frets dapat disambut sundulan Da Silva yang membobol gawang Bhayangkara FC pada menit ke-27 sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Bhayangkara FC mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan bebas yang dilepaskan oleh Matias, namun bola masih dapat dihalau oleh kiper Persib Teja Paku Alam.

The Guardians akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-35 berkat gol yang dicetak oleh Matias memanfaatkan kemelut di depan gawang Persib sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Selanjutnya pada sisa waktu babak pertama Bhayangkara dan Persib saling memberikan tekanan, namun hingga turun minum skor 1-1 tetap bertahan.

Baca juga: Bhayangkara FC sudah lakukan persiapan matang hadapi Persib Bandung

Pada babak kedua Persib Bandung kembali mengambil inisiatif menyerang dan mendapatkan peluang melalui tendangan Levy Madinda, akan tetapi bola masih dapat ditepis Awan Setho.

Persib kembali mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh Marc Klok, namun Awan Setho masih dapat menepis bola keluar.

Bhayangkara berbalik memberikan ancaman melalui tendangan keras Matias dan Crislan Henrique, namun kedua peluang tersebut dapat dimentahkan Teja.

Skuad Maung Bandung terus berupaya menekan lini pertahanan Bhayangkara FC dan akhirnya membuahkan hasil saat memasuki waktu tambahan babak kedua ketika tendangan mendatar Ciro tak kuasa ditahan oleh Awan Setho dan mengubah skor menjadi 2-1. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya Persib Bandung akan menjamu Persita Tangerang pada pekan ke-14 Liga 1 Indonesia, Minggu (1/10), sedangkan Bhayangkara FC akan bertandang ke markas Persik Kediri, sehari sebelumnya.

Baca juga: Bojan ingin Levy Madinda lanjutkan konsistensi bersama Persib Bandung

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023