...yang pasti Pemilu 2014 sangat menentukan Indonesia ke depan...
Bandung (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengatakan kejelian rakyat dalam menentukan pilihan calon pemimpin negara pada Pemilu 2014 sangat menentukan nasib Indonesia ke depan.

"Pemilu 2014 akan menentukan Indonesia, masyarakat perlu jeli memilih pemimpin. Karena itu adalah kunci untuk menentukan nasib negeri ini," kata Mahfud MD dalam seminar di Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Sabtu.

Menurut Mahfud, masyarakat seharusnya mengetahui siapa yang mereka pilih, mengingat setiap lima tahun sekali Indonesia menggelar pemilu.

Meski demikian, ia mengakui bahwa partai politik masih menjadi permasalahan di Indonesia. Perbaikan kinerja partai politik merupakan syarat penting untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan.

"Partai politik harus diperbaiki kinerjanya, itu salah satu masalahnya saat ini. Kualitas partai politik saat ini sama, mereka juga punya masalah sama, kondisinya tidak ada yang lebih baik," katanya.

Hal ini harus menjadi perhatian bagi masyarakat dan partai politik, ujarnya. Mahfud mengatakan ketika partai politik memiliki peran yang besar, sudah seharusnya kualitas partai tersebut juga ditingkatkan.

"Perbaikan harus dilakukan seiring dan partai politik harus menyadari itu. Masyarakat juga harus peka dan jeli dalam menetapkan calon pemimpinnya," katanya.

Terkait tata permasalahan yang krusial bagi negara dalam tata kelola pemerintahan dan penyelenggaraan negara, kata Mahfud relatif dan tergantung menyikapi dan menentukan pilihan dari para penentu kebijakan.


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013